Jawab Soal Mengidentifikasi Bentuk Pelanggaran HAM di Lingkungan Sekitar

By Nabil Adlani, Senin, 11 Juli 2022 | 13:40 WIB
Masih sering terjadi kasus pelanggaran HAM di lingkungan sekitar, seperti di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. (unsplash/Priscilla Du Preez)

adjar.id – Berbagai bentuk pelanggaran HAM masih sering terjadi di lingkungan sekitar, seperti di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Padahal setiap manusia yang hidup mempunyai Hak Asasi Manusia atau HAM sendiri-sendiri sejak lahir, lo.

Dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 11 edisi revisi 2017 terdapat satu soal pada Tugas Kelompok 1.3 di halaman 22.

Pada soal tersebut kita diminta untuk mengindentifikasi bentuk pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan sekitar.

Nah, agar bisa menjadi referensi bagi Adjarian, kali ini kita akan membahas mengenai jawaban soal tersebut yang menjadi materi PPKn kelas 11 SMA.

O iya, Hak Asasi Manusia adalah hak yang dibawa sejak lahir dan melekat dalam diri manusia secara mutlak tidak bisa diganggu gugat.

Hal ini jugalah yang dituliskan dalam UU RI No. 39 tahun 1999 yaitu HAM adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijujung tinggi, dan dilindungi.

Meski begitu, masih ada beragam bentuk pelanggaran HAM yang masih terjadi, Adjarian.

Yuk, kita mengidentifikasi bentuk pelanggaran HAM di lingkungan sekitar untuk menjawab soal Tugas Kelompok 1.3 di halaman 22 berikut ini!

Baca Juga: Sikap yang Berkaitan dengan HAM dalam Nilai Praksis Sila-Sila Pancasila

Bentuk Pelanggaran HAM di Lingkungan Sekitar

Berikut beberapa bentuk pelanggaran HAM di lingkungan sekitar, yaitu: