Turun Peminat pada SBMPTN 2022, 2 Program Studi Ini Bisa Jadi Pilihan saat Ujian Mandiri

By Jestica Anna, Jumat, 24 Juni 2022 | 09:30 WIB
Konferensi Pers Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN 2022 membahas beberapa hal, termasuk jurusan yang turun peminat, Kamis (23/6/2022). (Tangkapan Layar Akun YouTube Resmi LTMPT Official)

adjar.id - Adjarian penasaran tidak program studi yang turun peminatnya pada SBMPTN tahun 2022 ini?

Begitu banyak program studi yang ditawarkan oleh masing-masing universitas seakan membuat kita bingung dalam memilihnya.

Tak jarang banyak di antara kita yang penuh pertimbangan dalam memilih, baik dari segi prediksi peminat maupun ketertarikan terhadap program studi tersebut.

Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi menyampaikan bahwa terdapat dua program studi yang peminatnya turun pada tahun ini.

Adapun kedua program studi tersebut adalah Pertanian dan Pendidikan Kejuruan.

"Ada beberapa program studi yang peminatnya agak turun, misalnya Pertanian dan Pendidikan Kejuruan," ujar Dirjen Diktiristek, pada Konferensi Pers Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN 2022, Kamis (23/6/2022).

Ia menambahkan bahwa hendaknya bidang pertanian masih sangat krusial untuk terus dikembangkan di negeri ini.

"Ini yang menjadi concern saya, meskipun Indonesia sudah masuk menjadi negara industri dan sektor jasa sudah semakin kuat, tetapi 40% masyarakat Indonesia masih hidup dari sektor pertanian," tutur Prof. Nizam.

Begitu pula dengan Pendidikan Kejuruan yang berpeluang besar menjadi guru di sekolah vokasi nantinya.

Baca Juga: Hasil SBMPTN 2022 Bisa Dilihat Mulai Pukul 15.00 WIB, Tinggal Klik Salah Satu Link Pengumuman Ini dan Begini Contoh Tampilan yang Lulus dan Tidak Lulus

Program Studi Pertanian

Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D, Dirjen Diktiristek menjelaskan turunnya peminat pada program studi Pertanian dan Pendidikan Kejuruan, Kamis (23/6/2022). (Tangkapan Layar Akun YouTube Resmi LTMPT Official)