Fungsi, Tujuan, dan Manfaat Media Promosi

By Jestica Anna, Selasa, 24 Mei 2022 | 15:00 WIB
Media promosi adalah cara pelaku usaha untuk menyampaikan dan menawarkan produk kepada calon pembeli. (Freepik)

adjar.id – Adjarian, media promosi ternyata memiliki fungsi, tujuan, dan manfaat tersendiri, lo.

Dalam kehidupan sehari-hari, pasti kita sudah tidak asing lagi dengan adanya promosi, terlebih bagi yang suka berbelanja.

Adjarian, promosi merupakan salah satu cara efektif yang sering digunakan oleh para pelaku usaha atau pebisnis untuk mendorong angka penjualan produk atau jasanya.

Biasanya promosi dilakukan dalam bentuk potongan harga atau diskon, penawaran produk gratis, atau bundling produk.

Nah, cara-cara inilah yang dimaksud dengan media promosi.

Di era digital seperti sekarang ini, bentuk media promosi dapat dilakukan secara online, sehingga jangkauan promosi pun bisa lebih luas.

Selain itu, masih ada juga media promosi secara offline, seperti spanduk, brosur, hingga iklan melalui siaran radio atau televisi.

Memangnya, apa fungsi, tujuan, dan manfaat dari media promosi?

Cari tahu bersama, yuk!

Baca Juga: Mengenal Pengertian Iklan, Jenis-Jenis, dan Tujuan Iklannya

Fungsi Media Promosi

Adjarian, media promosi berfungsi untuk pengenalan, penawaran, dan juga perbaikan.

1. Pengenalan

Pengenalan produk tentu sangat berguna terutama saat pertama kali memperomosikan produk kepada masyarakat luas.

Dengan begitu, banyak orang mengetahui informasi produk atau jasa yang ditawarkan oleh pelaku usaha.

Dengan adanya pengenalan, tentu akan ada banyak orang yang nantinya menjadi calon pembeli.

2. Penawaran

Fungsi dari media promosi selanjutnya adalah penawaran.

Di luar sana, banyak sekali pelaku usaha yang mungkin menjual produk atau jasa serupa dengan kita.

Baca Juga: Unsur-Unsur Iklan Media Cetak dan Ciri-Ciri Bahasa Iklan

Tak jarang bila banyak dari calon pembeli yang akan membandingkan dan tentunya memilih produk termurah dan terbaik.

Nah, untuk menarik calon pembeli, kita dapat membujuk calon pembeli dengan cara melakukan penawaran-penawaran terbaik.

Berikan informasi yang jelas, seperti keunggulan produk, bonus yang mungkin didapatkan, atau bisa juga sedikit membandingkan dengan produk milik pebisnis lain.

O iya, jangan lupa untuk melakukan penawaran sesuai dengan target konsumen.

3. Perbaikan

Media promosi juga bisa menjadi sarana perbaikan barang atau jasa yang ditawarkan, lo.

Apabila produk sebelumnya mendapat banyak masukan atau membuat konsumen kecewa, bisa dilakukan penyempurnaan terkait produk tersebut.

Begitu pula sebaliknya, jika produk dapat diterima dengan baik, tentu kita bisa melakukan inovasi yang lebih untuk semakin mengangkat nama brand.

Tujuan Media Promosi

Baca Juga: Inilah 4 Cara Memanfaatkan Teknologi untuk Mengembangkan Bisnis Kita

1. Meningkatkan penjualan.

2. Memberikan informasi yang komprehensif dan tepat terkait barang atau jasa yang dijual kepada konsumen.

3. Memperluas jangkauan konsumen

4. Membangun citra yang baik terkait produk dan juga nama perusahaan.

5. Mendapatkan konsumen baru

6. Menjaga kestabilan penjualan

7. Menginformasikan keunggulan produk, sehingga bisa bersaing di pasar dengan produk lain yang serupa.

Manfaat Media Promosi

Selain fungsi dan tujuan, media promosi tentu memiliki sejumlah manfaat, di antaranya:

Baca Juga: Iklan: Pengertian, Tujuan, serta Macam-Macam Iklan

1. Menjamin Loyalitas Pelanggan

Menyebarkan promosi melalui berbagai media dapat membuat brand lebih ternama dan terlihat bersain dengan kompetitor.

Selain itu, memberikan penawaran produk menarik dan spesial kepada pelanggan tetap dapat meningkatkan jaminan loyalitas pelanggan.

2. Mendatangkan Konsumen Baru

Adjarian, kita juga bisa mendatangkan konusmen baru tanpa mengeluarkan biaya promosi lebih.

Yap, caranya adalah dengan kekuatan words of mouth yang diimbangi dengan kualitas produk.

Words of mouth merupakan teknik marketing efektif untuk menggaet konsumen dengan memberikan pelayanan sebaik mungkin.

Dengan kekuatan words of mouth yang tentunya juga diikuti dengan peningkatan kualitas produk, tentu akan membuat konsumen akan mendorong, mempromosikan, atau membujuk calon konsumen baru.

3. Mempopulerkan Merek

Baca Juga: Faktor-Faktor Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Usaha

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, di era digital ini membuat kita semakin bisa berinteraksi dengan banyak orang secara luas, begitu pula dalam hal promosi produk.

Melalui berbagai media digital, promosi akan lebih mudah dilakukan dan menjangkau konsumen yang lebih luas lagi.

Selain itu, kita juga bisa mempromosikan melalui media offline, sehingga masyarakat semakin familier degan brand dan produk kita.

Nah, Adjarian, demikianlah informasi mengenai media promosi, mulai dari fungsi, tujuan, dan manfaat media promosi.