Contoh Soal UTBK Bahasa Inggris dan Pembahasan, Gaya Penjabaran Penulis dan Simpulan Paragraf

By Jestica Anna, Selasa, 19 April 2022 | 21:00 WIB
Menentukan gaya penjabaran penulis dan simpulan teks merupakan dua tipe soal yang akan muncul pada UTBK SBMPTN bahasa Inggris. (Piqsels)

adjar.id – Pada kesempatan kali ini, kita akan mengerjakan soal UTBK SBMPTN bahasa Inggris, tipe gaya penjabaran penulis dan simpulan paragraf, Adjarian.

Kedua tipe soal tersebut kerap kali keluar pada TPS bahasa Inggris beberapa tahun terakhir.

Pada tipe soal gaya penjabaran penulis, kita diminta untuk menentukan cara penulis dalam menjabarkan teksnya, apakah bersifat persuasive atau mengajak, hanya menjabarkan atau descriptive, ataukah bersifat mengevaluasi atau evaluative.

Kemungkinan-kemungkinan jawaban tersebut dapat kita amati urut dari paragraf pertama hingga terakhir.

O iya, untuk menghemat waktu, kita bisa lakukan skimming dalam mencermati penjabaran teks, tidak perlu terlalu mendalam dalam memahaminya.

Sementara itu, untuk tipe simpulan paragraf, kita diminta untuk mencari simpulan paragraf yang disajikan dalam narasi berbeda pada pilihan jawaban.

Nah, tipe soal ini menguji seberapa jauh pemahaman kita terhadap isi suatu paragraf.

Setelah mengetahui sedikit penjabaran tentang kedua tipe soal tersebut, langsung saja kita coba bahas bersama, yuk!

Read the following text

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan UTBK Bahasa Inggris, Mencari Kesimpulan Paragraf

(1) Many modern educational experts claim that teaching facts and academic skill is less important than achieving other social objectives. For some liberals, the school must first change attitudes or provide nurturing in place of failed families or help establish equality and social justice.

For some conservatives, the schools must first prepare kids for the workplace by molding them into supple corporate citizens, while other want the focus to be on family values, a competitive spirit, or other social or behavioral objectives.