Jawab Soal Matematika Materi Aproksimasi, No 16-18 Kelas 5 SD

By Jestica Anna, Jumat, 15 April 2022 | 13:45 WIB
Pengukuran panjang objek dapat dibulatkan ke satuan, puluhan, maupun ratusan terdekat. (piqsels)

adjar.id – Adjarian, kita akan kembali membahas soal matematika materi aproksimasi atau pembulatan nomor 16 sampai 18.

Soal-soal tersebut dapat ditemukan di buku Senang Belajar Matematika, pada halaman 100-101.

Pada ketiga soal yang akan dikerjakan kali ini, kita diminta untuk melakukan pembulatan pada satuan, puluhan, dan ratuasan terdekat.

Bagaimana caranya? Untuk membulatkannya, kita perlu fokus pada angka belakang dan konsep pembulatan.

Pada bilangan satuan, cobalah fokus pada angka di belakang koma, kalau angkanya lebih dari atau sama dengan 5, akan dilakukan pembulatan terdekat ke atas. Kalau kurang dari 5, pembulatan dilakukan ke bawah.

Sementara untuk pembulatan puluhan, konsepnya serupa dengan pembulatan satuan. Tetapi, angka yang perlu kita amati adalah angka satuannya.

Berbeda halnya dengan pembulatan angka ratusan. Perhatikan angka puluhannya.

Jjika lebih dari atau sama dengan 50, maka akan dilakukan pembulatan ke atas, apabila kurang, angka puluhannya akan otomatis dihilangkan.

Langsung saja kita terapkan ketika konsep tersebut untuk mengerjakan soal-soal di bawah ini, yuk!

Baca Juga: Jawab Soal Matematika Materi Aproksimasi, No 13-15 Kelas 5 SD

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat!

16. Perhatikan gambar

Pengukuran meja pada soal nomor 16. (Tangkapan Layar Buku Senang Belajar Matematika Kemdikbud)

Hasil pengukuran panjang meja belajar pada gambar di atas adalah 58 cm. berapa ukuran panjang meja belajar tersebut jika dibulatkan?

Pembahasan: Karena angka pada soal berupa puluhan, maka kita akan bulatkan menuju puluhan terdekat. Coba perhatikan angka satuan.

Yap! Angka satuan pada pengukuran terebut lebih dari 5, yaitu 8, maka akan kita bulatkan ke atas menjadi 60 (ditambahkan 10).

Sehingga, setelah dibulatkan, ukuran meja tersebut menjadi 60 cm.

17. Tinggi Monumen Nasional (Monas) adalah 132 m.

Tentukan dengan pembulatan terbaik:

Baca Juga: Jawab Soal Matematika Materi Aproksimasi, No 10-12 Kelas 5 SD

a. tinggi Monas jika dibulatkan ke puluhan terdekat?

b. tinggi Monas jika dibulatkan ke ratusan terdekat?

Pembahasan: Sekarang kita akan melakukan pembulatan ke puluhan dan ratusan terdekat pada pengukuran tinggi Monas.

a. Tinggi Monas jika dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 130 cm.

Hal ini dikarenakan angka satuannya adalah 3 (kurang dari 5), maka akan dihilangkan.

b. Tinggi Monas jika dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi 100 cm

Puluhanan dari angka tersebut adalah 32, yang mana kurang dari 50. Jadi, angka puluhan akan dihilangkan hingga sisa ratusannya saja.

18. Perhatikan penimbangan buah tomat gambar!

Pengukuran berat tomat pada soal nomor 18. (Tangkapan Layar Buku Senang Belajar Matematika Kemdikbud)

Dari hasil timbangan di atas diperoleh bahwa berat tomat-tomat tersebut adalah 148,91 gram. Tentukan:

Baca Juga: Jawab Soal Matematika Materi Aproksimasi, No 7-9 Kelas 5 SD

a. Hasil pembulatan ke satuan terdekat.

b. Hasil pembulatan ke puluhan terdekat.

c. Hasil pembulatan ke ratusan terdekat.

Pembahasan: Nah, soal di atas meminta kita untuk menyelesaikan pembulatan berat secara lengkap, nih.

a. Hasil pembulatan ke satuan terdekat menjadi 149 cm, karena angka di belakang koma lebih dari 5, maka ditambahkan 1 ke satuannya.

b. Hasil pembulatan ke puluhan terdekat menjadi 150 gram. Hasil dari pembulatan ke atas, karena angka satuan adalah lebih dari 5, yaitu 9, sehingga ditambahkan 10 ke puluhannya.

c. Hasil pembulatan ke ratusan terdekat menjadi 100 gram, karena angka puluhannya adalah 48 (kurang dari 50), maka akan dihilangkan dan hanya menyisakan angka ratusannya saja.

Nah, Adjarian, itulah pembahasan soal matematika nomor 16 sampai 18 materi aproksimasi.