adjar.id – Adjarian, pada kesempatan kali ini, kita akan kembali membahas soal matematika materi aproksimasi atau pembulatan.
Soal yang akan kita bahas kali ini adalah nomor 7-9 yang termuat di buku Senang Belajar Matematika, halaman 99.
Konsep pembulatan ini umumnya digunakan untuk pengukuran berat atau panjang suatu objek untuk mempersingkat informasi.
O iya, perlu diingat bahwa pembulatan tidak bisa dilakukan pada bilangan yang eksak atau pasti. Misalnya, 9 x 5 = 45. Hasil 45 adalah jawaban pasti, jadi tidak boleh kita bulatkan menjadi 50.
Hal ini berbeda apabila dalam pengukuran. Misalnya, jarak dari rumah Andi ke sekolah adalah 110 meter. Nah, kita bisa menjadikannya 100 meter.
Kenapa dari 110 m bisa menjadi 100 m saja? Karena ukuran jarak tersebut mengalami pembulatan ke bawah pada bilangan ratusan.
Pembulatan ke bawah terjadi apabila puluhan kurang dari 50, sehingga akan dihilangkan dan menyisakan angka ratusannya saja.
Namun, apabila angka puluhannya lebih dari atau sama dengan 50, maka akan ditambahkan 100 ke ratusannya.
Sekarang kita simak pembahasan soal berikut, yuk!
Baca Juga: Jawab Soal Matematika Materi Aproksimasi atau Pembulatan, No 4-6 Kelas 5 SD
Latihan Soal
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat!
Penulis | : | Jestica Anna |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR