Jawab Soal Interaksi Antarnegara ASEAN dalam Bidang Ekonomi

By Aisha Amira, Selasa, 5 April 2022 | 19:00 WIB
Setiap kerja sama antara negara Asia Tenggara dilakukan agar dapat memenuhi setiap kebutuhan dari masing-masing negara. (freepik)

adjar.id - Setiap kerja sama antara negara Asia Tenggara dilakukan agar dapat memenuhi setiap kebutuhan dari masing-masing negara. 

Sebab, setiap negara di Asia Tenggara memiliki karakteristik yang berbeda-beda, ya. 

Dalam buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII, edisi revisi 2017, terdapat latihan soal di halaman 77. 

Pada soal esai tersebut, kita diminta untuk menjelaskan mengapa negara-negara di Asia Tenggara perlu mengandalkan kerja sama ekonomi.

Nah, kali ini kita akan membahas soal materi IPS kelas 7 SMP tersebut, ya!

Para pemimpin ASEAN sepakat untuk membentuk sebuah pasar tunggal yang berada di kawasan Asia Tenggara pada akhir tahun 2015 silam. 

Kesepakatan ini dilakukan agar daya saing ASEAN meningkat, serta dapat menyaingi negara Tiongkok dan India untuk menarik investasi asing, ya.

O iya, penanaman modal asing di wilayah ini juga sangat dibutuhkan untuk memperluas lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan, lo!

Sekarang, yuk, kita simak referensi jawaban mengapa negara-negara di Asia Tenggara perlu mengandalkan kerja sama ekonomi!

Baca Juga: Daftar Nama Mata Uang Negara-Negara ASEAN dan Kodenya

Adjarian, pasar tunggal yang didirikan juga dikenal dengan sebutan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Nah, secara bertahap MEA juga membuka peluang, dari satu negara yang menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara ASEAN lainnya.