Jenis Teater Tradisional Nusantara Khas Indonesia

By Nabil Adlani, Senin, 21 Maret 2022 | 09:30 WIB
Teater tradisional adalah salah satu bentuk pertunjukan teater. (unsplash/Rob Laughter)

adjar.id – Kekayaan budaya Indonesia memunculkan beragam jenis teater tradisional nusantara.

Apa itu teater? Teater adalah salah satu cabang seni yang berasal dari kata Yunani kuno, yaitu theatron yang berarti 'tempat untuk menonton'.

Seiring perkembangan zaman, kata teater juga digunakan untuk menyebutkan nama aliran dalam teater, salah satunya teater tradisional.

Teater tradisional adalah bentuk pertunjukan seni yang berasal dari suatu daerah dan erat kaitannya dengan adat istiadat daerah setempat.

Teater tradisional ini menjadi suatu bentuk pertunjukan seni yang diwariskan secara turun-temurun dan lekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat suatu daerah.

Seniman teater tradisional umumnya akan berupaya untuk mengaktualisasikan teater tradisional dengan konsep era modern, agar pertunjukan yang disajikan tidak berjarak dengan penonton.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis teater tradisional nusantara khas Indonesia yang menjadi materi seni budaya kelas 11 SMA.

Yuk, kita simak bersama!

“Teater tradisional lahir dari masyarakat dan diwariskan secara turun-temurun dari suatu generasi ke generasi berikutnya.” 

Baca Juga: Unsur Kegiatan dalam Merancang Pementasan Teater

Jenis Teater Tradisional Nusantara

Berikut ini beberapa jenis teater tradisional nusantara khas dari Indonesia.