Karakteristik Wilayah Pedesaan dalam Ilmu Geografi

By Nabil Adlani, Minggu, 13 Maret 2022 | 15:30 WIB
Wilayah pedesaan masih sangat sederhana dan alami. (unsplash/Mufid Majnun)

adjar.id – Karakteristik wilayah pedesaan terdiri dari berbagai ciri khas.

Wilayah pedesaan pada umumnya masih diasosiasikan sebagai daerah yang berlokasi di daerah pedalaman dan jauh dari lingkungan perkotaan.

Selain itu, wilayah desa juga memiliki keterikatan yang kuat terhadap kebudayaan yang bersifat tradisional.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai karakteristik dari wilayah pedesaan dalam ilmu geografi yang menjadi materi geografi kelas 12 SMA.

Adjarian, dalam masyarakat desa berlaku keteraturan kehidupan sosial yang meliputi kegiatan-kegiatan keagamaan, ekonomi, hukum, dan politik.

O iya, secara administratif desa diartikan sebagai kesatuan hukum dan di dalamnya bertempat tinggal sekelompok masyarakat yang berkuasa mengadalam pemerintahan sendiri.

Sementara kawasan pedesaan adalah kawasan yang mempunyai kegiatan utama berupa pertanian, pengelolaan sumber daya alam, dan berbagai kegiatan ekonomi.

Yuk, kita cari tahu bagaimana karakteristik wilayah pedesaan berikut ini, Adjarian!

“Terdapat tiga unsur utama desa, yaitu penduduk, daerah, dan tata kehidupan yang berkaitan dengan istiadat serta norma.” 

Baca Juga: Dampak Interaksi Desa dan Kota

Karakteristik Wilayah Pedesaan

Adjarian, dilihat dari karakteristik wilayahnya, kawasan pedesaan masih bersifat alamiah, belum banyak bersentuhan dengan teknologi modern dan perkembangan pembangunan.