adjar.id – Apakah Adjrian tertarik untuk masuk jurusan Ilmu Komunikasi? Kalau iya, Adjarian perlu mengetahui peminatan atau konsenstrasi pada jurusan ini.
Peminatan atau konsentrasi adalah pengkhususan studi yag diambil dalam sebuah jurusan atau program studi.
Nah, peminatan ini membantu kita untuk mempelajari hal yang lebih spesifik dan terarah ke suatu bidang.
Cakupan mata kuliah yang kita pelajari selama kuliah umumnya masih cukup luas.
Nah, dengan mengambil salah satu dari pilihan peminatan tentu akan membantu mengarahkan bidang yang akan kita pelajari.
O iya, peminatan atau konsentrasi ini juga dapat berpengaruh pada prospek karier yang akan kita ambil setelah lulus kuliah, lo.
Sama seperti jurusan lainnya, jurusan Ilmu Komunikasi ini juga memiliki peminatan yang terdiri dari tiga bidang, yaitu Jurnalistik, Public Relations (PR), dan juga Advertising.
Perlu dicatat bahwa peminatan bidang ini bisa saja berbeda di setiap universitas. Namun, kali ini kita akan membahas peminatan di jurusan kuliah Ilmu Komunikasi secara umum.
Penasaran apa saja yang dipelajari di ketiga peminatan jurusan Ilmu Komunikasi? Langsung saja kita simak, yuk!
Baca Juga: Jurusan Ilmu Komunikasi: Mata Kuliah dan Prospek Pekerjaannya
Macam-Macam Peminatan di Jurusan Ilmu Komunikasi
1. Jurnalistik
Adjarian, peminatan atau konsentrasi ini akan banyak mempelajari hal-hal terkait dengan dunia media massa dan jurnalisme.
Media massa yang dimaksud di sini mencakup media cetak, media elektronik seperti TV dan Radio, serta media online.
Salah satu mata kuliah yang dipelajari di peminatan ini adalah Sinematografi.
Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan banyak mempelajari teknis perfilman, sehingga akan membekali mereka cara menjadi sutradara, produser, scriptwriter.
Selain itu, mahasiswa juga akan belajar melakukan pratik menjadi penyiar, membuat acara televisi, wawancara narasumber, dan masih banyak lagi.
Nah, peminatan ini pastinya cocok bagi Adjarian yang bercita-cita ingin melakukan wawancara, menulis berita, hingga liputan.
2. Public Relation (PR)
Baca Juga: 5 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi, Salah Satunya Content Writer
Sesuai dengan namanya, peminatan atau konsentrasi ini berkaitan erat dengan menjalin hubungan antarinstitusi, perusahaan, atau masyarakat.
Di peminatan ini kita akan belajar cara membangun citra, baik citra diri sendiri maupun citra perusahaan.
Jika berhasil membangun citra perusahaan, maka akan membentuk reputasi yang baik pula di masyarakat.
PR bertugas menjadi penghubung antara perusahaan dengan publik, baik internal (karyawan, jajaran pimpinan) atau eksternal (masyarakat).
Salah satu mata kuliah yang dipelajari pada peminatan ini adalah Manajemen Krisis.
Mata kuliah tersebut mempelajari cara kita memperbaiki citra perushaan saat reputasinya sedang tidak baik atau hancur.
3. Advertising
Saat mendengar kata “advertising”, bayangan pertama yang akan terlintas di pikiran kita pasti seputar iklan, kan?
Yap, advertising merupakan peminatan yang mempelajari keilmuan seputar periklanan, Adjarian.
Baca Juga: Jurusan Hubungan Masyarakat: Deskripsi, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja
Pada peminatan ini, mahasiswa akan belajar cara menyampaikan sebuah pesan dengan baik kepada konsumen, sehingga dapat memperkuat brand di hadapan komsumen
Nah, pesan tersebut disampaikan melalui iklan yang kita buat.
Untuk menarik para konsumen, tentunya kita perlu mengembangkan ide-ide kreatif.
Contoh mata kuliah pada peminatan ini adalah Strategi Kreatif Periklanan. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan melakukan pratik membuat iklan.
Mata kuliah ini juga dapat mengasah kemampuan copywriting kita. Seorang copywriter bertugas untuk menyusun naskah sebuah iklan.
Nah, itulah tiga peminatan atau konsentrasi jurusan Ilmu Komunikasi, Adjarian.