Peran Indonesia dalam ASEAN untuk Menciptakan Perdamaian Dunia

By Nabil Adlani, Senin, 24 Januari 2022 | 10:00 WIB
ASEAN merupakan organisasi negara-negara di Asia Tenggara yang didirikan oleh lima negara, salah satunya Indonesia. (freepik)

adjar.id – Dalam menciptakan perdamaian dunia, peran Indonesia dalam ASEAN sangat besar.

ASEAN atau Association of South East Asian Nation adalah sebuah organisasi ekonomi dan geopolitik bagi negara-negara di wilayah Asia Tenggara.

Berdirinya ASEAN sendiri terjadi karena adanya kesamaan nasib dan konflik yang terjadi pada negara-negara pendirinya, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai peran dari Indonesia dalam ASEAN untuk menciptakan perdamaian dunia yang menjadi materi PPKn kelas 11 SMA.

Adanya Deklarasi Bangkok pada 8 Agustus 1967 menjadi momen awal berdirinya organisasi ASEAN ini, Adjarian.

Saat ini, total ada sepuluh negara yang menjadi anggota ASEAN, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Indonesia sebagai bagian dari Asia Tenggara khususnya dan dunia umumnya, menyadari akan pentinya hubungan kerja sama dengan negara lain di berbagai belahan bumi.

Nah, berikut ini peran Indonesia dalam ASEAN untuk menciptakan perdamaian dunia.

“Dalam UUD 1945 terdapat tujuan negara Indonesia, yaitu ikut melaksanakan ketertiban dunia, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.”

Baca Juga: Peran Indonesia dalam Organisasi Internasional untuk Perdamaian Dunia

Peran Indonesia dalam ASEAN

Indonesia berperan aktif dalam berbagai organisasi Internasional, terutama di kawasan Asia Tenggara.