Peranan Seorang Manajer dalam Manajemen Perusahaan

By Nabil Adlani, Rabu, 12 Januari 2022 | 11:30 WIB
Manajer berperan penting dalam tercapainya suatu tujuan perusahaan atau organisasi. (piqsels)

adjar.id – Peranan seorang manajer sangat besar dalam manajemen perusahaan.

Melansir KBBI, manajer adalah orang yang mengatur pekerjaan atau kerja sama di antara berbagai kelompok atau sejumlah orang untuk mencapai sasaran.

Nah, konsep manajemen sendiri muncul sebagai konsekuensi logis dari tidak seimbangnya pengembangan teknis dengan kemampuan sosial.

Kali ini kita akan membahas mengenai peranan manajer dalam manajemen perusahaan yang merupakan materi ekonomi kelas 12 SMA.

Manajemen sendiri adalah suatu keahlian atau teknik untuk merencakan, mengorganisasikan, mengawasi, dan mengarahkan penggunaan sumber daya secara efektif dan efisien.

Hal ini dilakukan dalam rangka mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh suatu perusahaan.

Nah, manajemen diperlukan oleh setiap organisasi dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan berbagai kepentingan dan mencapai efisiensi dan efektivitas organisasi, Adjarian.

Yuk, kita simak penjelasan tentang peranan seorang manajer dalam manajemen berikut ini!

“Manajemen diperlukan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh suatu perusahaan atau organisasi.”

Baca Juga: Contoh Soal Materi Manajemen serta Jawaban dan Penjelasannya

Peranan Seorang Manajer

Adjarian, dalam manajemen terdapat istilah manajer. 

Manajer adalah seseorang yang bertindak sebagai perencana, pengorganisasian, pengendali, dan pelaksana sumber daya untuk mencapai tujuan.

Nah, seorang manajer yang baik harus memiliki sifat kepemimpinan yang baik sehingga bisa memengaruhi bawahannya agar mampu bekerja sama untuk mencapai tujuan.

Agar bisa memahami pekerjaan seorang manajer yang kompleks, kita harus mengetahui berbagai peranan manajer.

Peran dari seorang manajer yang dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu:

1. Peranan Hubungan Antarpribadi

Peranan hubungan antarpribadi terbagi menjadi beberapa hal yang meliputi:

"Manajer harus memiliki sifat kepemimpinan yang bisa memengaruhi bawahannya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.”

Baca Juga: Mengenal Prinsip Manajemen dan Bidang-Bidang dalam Manajemen

 

Manajer sebagai wakil organisasi harus melaksanakan tugas-tugas secara sah atau bersifat seremonial, seperti menyambut kunjungan resmi.

Manager sebagai pemimpin harus mengarahkan dan mendorong bawahannya agar mampu bekerja sama untuk mencapai tujuan.

Manajer sebagai pejabat perantara harus membentuk jaringan hubungan secara ekstern, yaitu mengenai teman dan membangun hubungan yang saling mewakili.

2. Peranan yang Berhubungan dengan Informasi

Peranan manajer yang berhubungan dengan informasi terbagi menjadi beberapa hal yang meliputi:

“Manajer dalam peranan hubungan antarpribadi salah satunya berperan sebagai pejabat perantara.”

Baca Juga: Tingkatan Manajeman dan Keterampilan Manajerial dalam Perekonomian

Manajer melakukan pencaratan manajeman setelah mendapatkan informasi dan menganalisa hubungan operasi serta hubungan ekstern.

Manajer menghubungi pertemuan untuk menerima informasi dari luar yang kemudian menyebarkan informasi tersebut ke dalam organisasi.

Manajer berbicara berdasarkan kepentingan organisasi dan menyampaikan informasi keluar organisasi sebagai juru bicaranya.

3. Peranan dalam Keputusan

Peranan manajer dalam keputusan terbagi menjadi beberapa hal yang meliputi:

“Manajer dalam peranan yang berhubungan dengan informasi salah satunya yaitu penyebaran informasi.”

Baca Juga: Sumber Daya Manajemen yang Diperlukan oleh Manajer

Manajer sebagai pemrakarsa ialah manajer yang memulai perubahan dengan melaksanakan tugas kewirausahaan.

Manajer berperan sebagai pengurus gangguan mengenai masalah-masalah yang tidak diharapkan, seperti permusuhan antara dua orang bawahannya atau lebih.

Manajer berperan dalam menentukan penyaluran sumber dana organisasi, seperti waktu, uang, dan perlengkapan.

Manajer mewakili organisasi dalam melakukan perundingan tenaga kerja, baik orang luar maupun orang dalam perusahaan atau organisasi.

Nah, itulah gambaran tentang peranan seorang manajer dalam manajemen perusahaan yang terbagi dalam tiga kategori.

Sekarang, jawab pertanyaan berikut ini, yuk!

Pertanyaan

Apa yang dimaksud dengan istilah manajer dalam sebuah manajamen?

Petunjuk: Cek halaman 1 dan 2.