Jawab Soal Teks ‘Kisah Seorang Guru Anak Berkebutuhan Khusus’, Kelas 4 Tema 6

By Nabil Adlani, Rabu, 5 Januari 2022 | 07:00 WIB
Guru adalah sosok mulia yang bisa membantu mencerdaskan siswanya. (pixabay)

adjar.id – Menjadi seorang guru adalah salah satu tugas yang mulia untuk mencerdaskan masyarakat.

Dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6: Cita-Citaku edisi revisi 2016 terdapat soal Ayo Membaca di halaman 63.

Soal-soal tersebut berisi pertanyaan yang berasal dari teks “Kisah Seorang Guru Anak Berkebutuhan Khusus” di halaman 62.

Nah, kita akan menjawab soal tersebut materi buku tematik kelas 4 tema 6 subtema 2 tersebut.

O iya, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), guru adalah orang yang pekerjaannya mengajar.

Guru bekerja di sekolah untuk mengajarkan siswa tentang berbagai mata pelajaran sekolah.

Selain itu, guru juga berperan penting dalam mendidik mental dan sikap siswa di sekolah, agar sikap siswa di lingkungan tempat tinggalnya menjadi baik.

Yuk, kita baca dan pahami teks “Kisah Seorang Guru Anak Berkebutuhan Khusus” dan menjawab soal Ayo Membaca berikut ini!

Baca Juga: Kegiatan Utama Pekerjaan Guru, Arsitek, Dokter Hewan, Pelukis, dan Pilot

 

Teks “Kisah Seorang Guru Anak Berkebutuhan Khusus

Seorang wanita muda terpanggil untuk menjadi seorang guru. Bukan sembarang guru, melainkan guru bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

Semuanya berawal dari kepeduliannya terhadap kurangnya pendidikan yang sesuai bagi anak-anak berkebutuhan khusus di Indonesia yang sesuai.

Sanggita Lachman, nama wanita muda itu. Ia adalah seorang dokter yang beralih profesi menjadi seorang guru anak-anak prasekolah.

Pada awalnya, ia mengajar anak-anak prasekolah untuk mengisi waktu luangnya. Akan tetapi, lama kelamaan, ia mencintai kegiatannya itu.

Baginya mengajar anak-anak prasekolah membuatnya mengerti tumbuh kembang anak yang akan memengaruhinya saat mereka dewasa kelak.

Pada saat mengajar anak-anak prasekolah, ia menemui beberapa siswa yang berkebutuhan khusus, seperti anak yang menderita autis atau kesulitan belajar lainnya.

Anak-anak ini memerlukan cara pengajaran dan bimbingan khusus, yang berbeda dengan anak-anak yang tidak berkebutuhan khusus.

Ia melihat saat itu tidak banyak sekolah yang tahu bagaimana mengajar anak-anak tersebut.

Sanggita kemudian memutuskan untuk menimba ilmu dan keterampilan yang membantunya untuk memahami anak-anak tersebut.

Dengan demikian ia dapat menjadi guru yang baik bagi anak-anak tersebut.

Baca Juga: Contoh Tolong-menolong Antara Siswa dengan Guru

 

Soal Ayo Membaca

Berikut ini beberapa soal yang ditanyakan berdasarkan teks “Kisah Seorang Guru Anak Berkebutuhan Khusus”.

1. Siapakah Sanggita Lachman?

Jawab: Sanggita Lachman adalah wanita muda yang awalnya seorang dokter dan beralih profesi menjadi seorang guru anak-anak prasekolah.

2. Mengapa ia ingin menjadi guru?

Jawab: Menurutnya mengajar anak-anak prasekolah membuatnya mengerti tumbuh kembang anak yang akan memengaruhinya saat mereka dewasa.

3. Sikap apakah yang ditunjukkan oleh Sangita untuk menjadi guru yang baik?

Jawab: Sanggita memutuskan untuk menimba ilmu dan keterampilan yang bisa membantunya dalam memahami anak-anak berkebutuhan khusus.

4. Menurutmu, sikap apakah yang diperlukan untuk menjadi guru yang baik?

Jawab: Agar menjadi guru yang baik diperlukan kesabaran dalam menghadapi siswa, selain itu juga terus belajar dalam memahami karakter siswa.

Nah, itulah pembahasan soal Ayo Membaca dari teks “Kisah Seorang Guru Anak Berkebutuhan Khusus”.

Baca Juga: Sikap yang Harus Dimiliki Dokter dan Guru, Materi Kelas 4 SD Tema 4

 

Tonton video berikut ini, ya!