Isi Butir Pengamalan Pacasila dalam Penerapan Nilai-Nilai Pancasila

By Nabil Adlani, Senin, 29 November 2021 | 14:00 WIB
Sila-sila Pancasila mengandung butir pengamalan yang harus dilakukan bagi warga negara Indonesia. (unsplash/MufidMajnun)

adjar.id – Adjarian tahu mengenai isi butir pengalaman Pancasila?

Upaya melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara didasarkan atas butir-butir pengamalan Pancasila.

Nah, kali ini kita akan membangan mengeni isi dalam butir mengalaman Pancasila dalam penerapan nilai-nilai Pancasila yang menjadi materi PPKn kelas 8 SMP.

Pancasila merupakan dasar negara dan pandangan hidup bagi bangsa Indonesia dalam mengatur penyelenggaraan negara.

Baca Juga: Semangat dan Komitmen Pendiri Negara dalam Perumusan Pancasila

Hal ini sudah dijelaskan dalam pembukaan UUD 1945 alinea keempat, bahwa bangsa Indonesia memiliki dasar dan pedoman dalam berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila.

Pancasila inilah yang kemudian mendasari pasal-pasal dalam UUD 1945 dan menjadi cita-cita hukum yang dituangkan dalam peraturan perundang-undangan, Adjarian.

O iya, sila-sila dalam Pancasila tersebut tidak bisa dilaksanakan secara terpisah-pisah sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh dan saling berkaitan.

Berikut ini isi butir pengamalam Pancasila yang menjadi dasar dalam penerapan nilai-nilai Pancasila.

 

“Pancasila menjadi dasar negara dan pandangan hidup bagi bangsa Indonesia yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 alinea keempat.”