Ciri-Ciri, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan dalam Teks Biografi

By Nabil Adlani, Rabu, 20 Oktober 2021 | 13:30 WIB
teks biografi memiliki beberapa ciri-ciri, struktur, dan kaidah kebahasaan yang wajib digunakan dalam penulisannya. (pixabay)

adjar.id – Mengetahui Kaidah kebahasaan dalam teks biografi juga menjadi hal yang penting saat kita menulis teks biografi.

Teks biografi sendiri merupakan teks yang berisikan kisah-kisah seorang tokoh yang pernah dialakukan dan penting dalam kehidupannya.

Adjarian, kita akan membahas mengenai teks biografi, baik dari ciri-ciri, struktur, dan kaidah kebahasaannya yang juga menjadi materi bahasa Indonesia kelas 10 SMA.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Biografi merupakan riwayat hidup seseorang yang dituliskan kembali oleh orang lain.

Baca Juga: Jawab Soal Bagaimana Ciri-Ciri Teks Eksposisi dan Fungsi Fakta dalam Teks Eksposisi

Dalam biografi sendiri memuat peristiwa yang pernah dialami dan identitas seseorang, baik dari penghargaan, karya, sampai permasalahan yang pernah dihadapi.

Nah, adanya teks biografi ini bertujuan untuk menambah wawasan pembaca sekaligus meneladani kehidupan baik tokoh yang diangkat ke dalam buku biografi.

O iya, biografi dan autobiografi merupakan dua hal yang berbeda, di mana autobiografi ditulis langsung oleh tokoh tersebut, sementara biografi ditulis oleh orang lain.

Yuk, kita dalami lagi mengenai ciri-ciri, strutur dan kaidah kebahasaan dalam teks biografi berikut ini!

“Teks biografi dimuat untuk memperkenalkan kisah seorang tokoh penting yang ditulis kembali oleh orang lain.”