Bentuk-Bentuk Sosialisasi dalam Masyarakat

By Nabil Adlani, Selasa, 5 Oktober 2021 | 13:00 WIB
Sosialisasi yang terjadi oleh seorang individu dengan individu lainnya dalam masyarakat bisa terdiri dari berbagai bentuk. (freepik)

adjar.id – Dalam suatu kehidupan masyarakat, terdapat bentuk-bentuk sosialisasi yang bisa dilakukan, Adjarian. Sosialisasi sendiri merupakan sebuah proses pembelajaran seorang individu terhadap nilai dan norma yang ada di masyarakat yang membuatnya menjadi bagian dari masyarakat tersebut.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai berbagai bentuk dari sosialisasi yang terjadi di masyarakat yang menjadi materi sosiologi kelas 10 SMA.

Sosialisasi ini merupakan proses belajar yang berlangsung seumur hidup untuk mempelajari nilai, cara hidup, dan norma sosial yang ada di dalam masyarakat.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Materi Sosiologi Sosialisasi dan Kepribadian

Sosialisasi sendiri memiliki dua fungsi, dari pihak individu, sosialisasi adalah proses yang menjadikan seseorang sebagai bagian dari suatu kebudayaan.

Sementara dari kepentingan masyarakat, sosialisasi berfungsi untuk mempertahankan kebudayaan masyarakat dengan mengajarkan dan membiasakan seseorang agar sesuai dengan unsur nilai budaya yang berlaku.

Yuk, kita simak penjelasan mengenai bentuk-bentuk sosialisasi yang ada di dalam masyarakat berikut ini!

“Sosialisasi memili dua fungsi, yaitu bagi individu dan bagi masyarakat itu sendiri.”