Kumpulan Soal dan Rumus Menghitung Prisma Segi Enam

By Nabil Adlani, Jumat, 1 Oktober 2021 | 19:00 WIB
Prisma segi enam memiliki alas berbentuk segi enam. (pixabay)

adjar.id – Kali ini kita akan menyimak kumpulan soal prisma segi enam.

Ada beberapa rumus menghitung prisma segi enam yang bisa kita gunakan, Adjarian.

Prisma adalah bangun ruang yang memiliki volume dan luas permukaan, di mana keduanya bisa digunakan sebagai rumus mencari prisma segi enam.

Nah, materi mengenai prisma segi enam ini merupakan materi matematika SMP yang mana kali ini kita akan mencari tahu rumus dan pengerjaan dalam contoh soalnya.

O iya, karena prisma segi enam merupakan sebuah bangun ruang, maka bagian atas dan juga alasnya memiliki bentuk yang sama, yaitu segi enam.

Baca Juga: Mengenal Prisma Segitiga dan Rumus Menghitung Volume Prisma Segitiga

Yuk, langsung simak pembahasan mengenai rumus prisma segi enam dan kumpulan soal yang memuat contoh-contoh soal menghitung prisma segi enam berikut ini!

Rumus Prisma Segi Enam

Ada dua rumus yang bisa kita gunakan untuk menghitung prisma segi enam, yaitu rumus volume dan juga luas permukaan prisma segi enam.

Kedua rumus ini bisa kita gunakan, tergantung dari pertanyaan yang terdapat di dalam soal. Jika yang ditanyakan volume, maka kita gunakan rumus volume prisma segi enam.

Akan tetapi, jika yang ditanyakan adalah luas permukaan, maka rumus yang digunakan adalah rumus luas permukaan prisma segi enam.