Contoh Soal Menghitung Luas dan Keliling Bangun Datar Layang-Layang

By Nabil Adlani, Minggu, 26 September 2021 | 14:00 WIB
Bangun datar layang-layang bisa dihitung luas dan kelilingnya dengan rumus layang-layang. (pxhere)

adjar.id – Adjarian, kali ini kita akan menyimak contoh soal menghitung luas dan keliling layang-layang yang merupakan bagian dari materi matematika SD.

Layang-layang termasuk ke dalam bangun datar yang berjenis segi empat, seperti trapesium, belah ketupat, persegi, jajar genjang, dan persegi panjang.

Bangun datar layang-layang merupakan bangun datar dua dimensi yang memiliki empat buah sisi, di mana dua pasang sisinya tidak sejajar tetapi sama panjang.

Baca Juga: Contoh Soal Cara Menghitung Trapesium

Dua sisi pada layang-layang ini saling membentuk sudut yang berbeda yang membuat layang-layang memiliki dua diagonal dengan panjang berbeda.

Bangun layang-layang ini memiliki beberapa sifat, yaitu memiliki empat buah sisi, dua pasang sisi membentuk sudut berbeda, dan memiliki sudut yang berhadapan sama besar.

Selain itu layang-layang juga memiliki dua diagonal yang panjangnya berbeda, diagonal layang-layang saling tegak lurus, dan diagonal terpanjangnya adalah sumbu simetri. Yuk, sebelum kita masuk ke contoh soal menghitung layang-layang, kita cari tahu dulu rumusnya berikut ini!