Pengertian, Perbedaan, dan Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

By Aisha Amira, Senin, 30 Agustus 2021 | 09:45 WIB
Perdagangan internasional adalah proses pertukaran barang dan jasa antara dua negara atau lebih dengan tujuan mendapatkan keuntungan atau laba. (Unsplash/Chris Pagan)

adjar.id - Perdagangan internasional adalah proses pertukaran barang dan jasa antara dua negara atau lebih dengan tujuan mendapatkan keuntungan atau laba. 

Proses terjadinya perdagangan antarnegara terjadi saat adanya barang yang keluar dan masuk dari suatu negara ke negara lain. 

Artinya, negara yang memiliki kelebihan barang akan mengirim ke negara lain. 

Kali ini kita akan membahas perdagangan internasional yang merupakan salah satu materi pelajaran IPS bab 2 kelas 9 SMP, ya. 

Baca Juga: Mengenal Sistem Ekspor dan Impor serta Manfaatnya dalam Ekonomi

Barang yang dikirim ke negara lain dikenal dengan ekspor, untuk negara yang mengirim barang disebut juga dengan eksportir. 

Untuk negara yang menerima barang dari luar disebut juga dengan impor, sedangkan untuk negara yang melakukan pelaku impor dikenal dengan istilah importir. 

Nah Adjarian, dengan demikian di dalam perdagangan antarnegara juga terdapat arus barang keluar dan arus barang yang masuk, ya. 

Sekarang, yuk, kita simak penjelasan perdangan internasional di bawah ini, ya!

 

"Perdagangan internasional adalah proses pertukarang barang dan jasa antara dua negara atau lebih dengan tujuan mendapatkan keuntungan atau laba."