Cara Mengembangkan Ide Pokok Mengenai Bersepeda, Kelas 5 Tema 1

By Irfan Sholeh, Selasa, 27 Juli 2021 | 06:20 WIB
Bersepeda bisa jadi sarana menyegarkan badan dan pikiran. (pixabay)

adjar.id - Adjarian, kali ini kita akan mengembangkan ide pokok mengenai sepeda yang ada di buku tematik kelas 5 tema 1 subtema 2 pembelajaran 1.

Dengan mengembangkan ide pokok bersepeda ini, kita juga akan meningkatkan keterampilan menulis.

O iya, kalau Adjarian memang memiliki hobi bersepeda, mengembangkan ide pokok ini akan mudah. Sebab kita tinggal memasukan pengalaman pribadi kalian.

Baca Juga: Menyimpulkan Kondisi Geografis Indonesia secara Umum, Materi Kelas 5 Tema 1

Namun, kalau Adjarian tidak punya hobi bersepeda, bukan berarti mengembangkan ide pokok ini akan jadi hal sulit.

Ingat, Adjarian, kita masih punya imajinasi. Dengan imajinasi, kita bisa membuat banyak cerita.

Yuk, kita lihat contoh pengembangan ide pokok bersepeda ini!

 

"Dengan mencoba mengembangkan suatu ide pokok menjadi sebuah paragraf, kita juga melatih keterampilan menulis."

 

Contoh Pengembangan Ide Pokok Bersepeda, Kelas 5 Tema 1 Subtema 2

Pada buku tematik kelas 5 tema 1 subtema 2 pembelajaran 1, tepatnya pada halaman 61-62 kita ditantang untuk mengembangkan lima ide pokok.

Satu ide pokok untuk satu paragraf. Nah, sekarang kita akan membayangkan punya teman bernama Usro.

Usro akan membagikan tulisannya yang dikembangkan dari ide pokok bersepeda. Kita simak yuk!

Baca Juga: Menulis Paragraf Berdasarkan Ide Pokok 'Musyawarah Mufakat', Materi Kelas 5 Tema 1

- Ide pokok ke-1: Bersepeda adalah kegiatan kesukaanku

Pada ulangtahunku yang ke-11, bapak dan ibuku memberikanku sepeda berwarna biru. Aku bisa naik sepeda, tapi di rumah aku tidak mempunyai sepeda. Dulu aku belajar sepeda dengan saudara sepupuku. Setelah orang tua memberiku sepeda, aku jadi rutin bersepeda setiap hari. Bersepeda menjadi kegiatan kesukaanku.

- Ide pokok ke-2: Aku bersepeda pada sore hari.

Aku bersepeda tiap selesai bersekolah, yakni pada sore hari. Tepatnya sehabis ashar agar aku tidak terlalu kepanasan. Jadi, setelah sehari penuh aku belajar dari rumah, sorenya aku bersepeda. Sepeda membuatku merasa segar.

 

"Kita bisa mengandalkan pengalaman atau imajinasi saat mengembangkan ide pokok."

 

- Ide pokok ke-3: Aku bersepeda berkeliling desa

Rute favoritu adalah bersepeda keliling desa. Jalanan desa itu sepi sehingga tidak membahayakanku. Jarang sekali ada motor, mobil, atau truk lewat. Lebih-lebih hamparan sawah yang ada di sepanjang jalan. Wah, memandang padi yang hijau itu menyenangkan, lo!

- Ide pokok ke-4: Aku bersepeda bersama teman-temanku

O iya, aku tidak sendiri ketika bersepeda. Aku bersepeda bersama teman-temanku. Mereka bernama Ujang dan Ulfah.

Baca Juga: Menulis Paragraf berdasarkan Ide Pokok 'Kebebasan Memeluk Agama atau Kepercayaan', Materi Kelas 5 SD Tema 1

- Ide pokok ke-5: Banyak sekali manfaat bersepeda yang kurasakan

Setelah bersepeda aku merasa senang tapi juga kadang-kadang capek. Tapi makin lama, aku makin tidak merasa capek. Waktu di rumah diadakan kerja bakti, kakakku malah mengeluh capek padahal aku merasa capek hanya sedikit. Memang manfaat yang kurasakan dari bersepeda banyak sekali.

Nah di atas ini adalah contoh tulisan dari Usro, Adjarian.

Sekarang, giliran Adjarian menyelesaikan tantangan berikut!

 

Peertanyaan
Kembangkan ide pokok di atas berdasarkan pengalaman atau imajinasi sendiri!
Petunjuk: Cek halaman 2-3.