adjar.id - Kali ini kita akan membahas soal dari buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas X Kurikulum Merdeka.
Terdapat soal B Latihan Soal Terpadu pada Soal 1 di halaman 206-207.
Soal B Latihan Soal Terpadu pada Soal 1 terdiri dari tiga pertanyaan yang berupa esai.
Kita diperintahkan untuk menjawab pertanyaan yang tersedia sesuai dengan ringkasan artikel pada buku IPA kelas X Kurikulum Merdeka.
Nah, informasi di bawah ini juga dapat dijadikan sebagai referensi jawaban.
Simak pembahasan soal Terpadu pada Soal 1, IPA kelas X Kurikulum Merdeka.
Pembahasan Soal B Latihan Soal Terpadu pada Soal 1
Instruksi: Berdasarkan ringkasan artikel tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
a. Pada gambar di samping, lingkarilah bagian virus corona manakah yang mengalami kerusakan akibat sinar UV?
b. Analisislah tahapan mana dalam replikasi yang terganggu akibat rusaknya struktur tersebut?
c. Jika Kalian ingin melakukan penelitian untuk menguji efektivitas lamanya penyinaran UV terhadap rusaknya struktur virus corona, maka identifikasilah pernyataan yang benar dan salah tentang percobaan yang Kalian lakukan!
Baca Juga: Jawab Soal Latihan Soal Terpadu, IPA Kelas X Kurikulum Merdeka
Jawaban:
Soal 1
a. Jawaban: B, organ B adalah asam nukleat virus corona
b. Tahapan
Pelekatan = tidak terganggu
Injeksi = tidak terganggu
Sintesis = terganggu
Perakitan = terganggu
Lisis = terganggu
Alasan: UV merusak struktur asam nukleat sehingga asam nukleat virus mengalami gangguan dan tidak bisa melanjutkan tahap sintesis bagian-bagian virus, begitu pula tahapan perakitan dan lisis.
c. Pernyataan:
- Variabel terikat dalam penelitian ini adalah lamanya penyinaran UV. Jawaban: Benar
- Akan dilakukan perbandingan jumlah virus yang rusak pada kelompok virus yang diberi penyinaran 10 menit dengan kelompok virus yang diberi penyinaran 30 menit. Jawaban: Benar
- Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar menentukan lamanya penyinaran UV untuk merusak virus corona. Jawaban: Benar
Alasan: Dengan judul penelitian seperti itu, maka variabel terikatnya adalah lamanya penyinaran UV.
Dalam pelaksanaannya akan dilakukan perbandingan jumlah virus yang rusak pada kelompok virus yang diberi penyinaran 10 menit dengan kelompok virus yang diberi penyinaran 30 menit.
Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar menentukan lamanya penyinaran UV untuk merusak virus corona.
Nah, demikian pembahasan soal B Latihan Soal Terpadu pada Soal 1, IPA kelas X Kurikulum Merdeka.
Tonton video ini, yuk!
Source | : | kemdikbud.go.id |
Penulis | : | Rizky Amalia |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR