adjar.id - Pada artikel ini kita akan membahas soal dari buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka.
Terdapat soal Poster 2 Potensi Pangan Lokal di Indonesia di halaman 23.
Nah, kita akan mengerjakan soal Poster 2 Potensi Pangan Lokal di Indonesia untuk nomor 1 dan 2 tentang poster.
Menurut KKBI, pengertian poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan).
Tujuan dari poster adalah memberikan informasi, mengajak, dan mengimbau banyak orang melakukan sesuatu seperti apa yang digambarkan atau dituliskan pada poster tersebut.
Melalui poster yang tersedia kita diajak untuk mengonsumsi produk makanan lokal.
Hal itu terlihat dari kalimat ajakan Pertahankan Potensi Pangan Lokal Sejahterakan Masyarakat Indonesia.
Kalimat ajakan tersebut dilengkapi dengan gambar yang menarik tentang beberapa produk pangan lokal yang dihasilkan di Indonesia.
O iya, informasi di bawah ini juga bisa dijadikan sebagai referensi jawaban, ya.
Yuk, simak pembahasan soal Poster 2 Potensi Pangan Lokal di Indonesia, bahasa Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka!
Pembahasan Soal Poster 2 Potensi Pangan Lokal di Indonesia
Pertanyaan:
1. Berdasarkan ciri dan syarat penyusunan, poster manakah yang telah memenuhi syarat-syarat penyusunan poster yang baik? Berilah tanda centang (√) pada tabel berikut!
2. Berdasarkan hasil diskusi soal nomor 1, buatlah kesimpulan tentang ciri-ciri poster dan bagaimana syarat poster yang baik.
Tulislah paragraf tersebut dengan menggunakan pola pengembangan induksi.
Jangan lupa paragraf yang kalian tulis minimal terdiri atas tujuh kalimat.
Jawaban:
1. Poster yang telah memenuhi syarat-syarat penyusunan poster yang baik, yaitu:
1. Desain grafis poster harus memuat komposisi yang seimbang antara huruf dan gambar di atas media kertas atau kain yang berukuran besar. (Poster 1)
2. Poster pada umumnya dibuat dengan perpaduan warna yang kuat dan kontras. (Poster 2)
3. Poster menggunakan bahasa yang singkat, jelas, tidak rancu agar mudah dipahami. (Poster 1 dan poster 2)
4. Poster menggunakan kalimat ajakan baik berupa ajakan secara langsung maupun tidak langsung. (Poster 1 dan poster 2)
5. Pesan yang ingin disampaikan sebaiknya disertai dengan gambar yang mendukung. (Poster 1 dan poster 2)
6. Poster bisa dibaca sambil lalu dan menarik minat khalayak umum atau masyarakat. (Poster 2)
2. Berikut ini paragraf berupa kesimpulan ciri-ciri poster dan syarat poster yang baik menggunakan pola pengembangan induksi:
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menciptakan sebuah poster yang baik. Pertama, desain grafis poster harus bisa memuat komposisi yang seimbang antara huruf dan gambar di atas media atau kain yang berukuran besar. Gambar yang ditampilkan juga harus sesuai untuk mendukung tema/topik. Kedua, poster dibuat dengan perpaduan warna yang kuat dan kontras. Hal ini bertujuan agar poster terlihat lebih menarik dan bisa dibaca sambil lalu. Selanjutnya, pesan yang ingin disampaikan sebaiknya ditulis dengan bahasa yang singkat, jelas, dan tidak rancu agar mudah dipahami. Umumnya, pesan ini disajikan dalam bentuk kalimat ajakan, baik berupa langsung maupun tidak langsung.
Demikian pembahasan soal Poster 2 Potensi Pangan Lokal di Indonesia, bahasa Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka.
Tonton video ini, yuk!
Source | : | kemdikbud.go.id |
Penulis | : | Rizky Amalia |
Editor | : | AdjarID |
KOMENTAR