adjar.id - Pada artikel ini kita akan membahas soal yang terdapat pada buku Bahasa Inggris Tingkat Lanjut kelas XI.
Terdapat soal Activity 6 pada Unit 4: Analytical Exposition Text di halaman 128 dan terdiri dari tiga pertanyaan.
Kita diperintahkan untuk memperhatikan kembali teks berjudul "Benefits of Getting a Covid-19 Vaccine".
Setelah itu menuliskan bukti pendukung dari argumen pada soal yang tersedia.
Analytical exposition text atau teks eksposisi analitik berisi pendapat terhadap suatu hal atau topik.
Pengertian teks analitik adalah teks yang berisi pendapat dan pemikiran dari penulisnya mengenai suatu hal.
O iya, teks eksposisi analitik juga termasuk jenis teks argumentasi karena berisi argumen tentang sebuah fenomena, benda, tempat, maupun suatu peristiwa.
Simak informasi pembahasan soal Activity 6 pada Unit 4: Analytical Exposition Text, bahasa Inggris kelas XI di bawah ini.
Pembahasan Soal Activity 6 pada Unit 4: Analytical Exposition Text
Instruction: Take a closer look at the text entitled "Benefits of Getting a Covid-19 Vaccine" again. Every argument has its supporting evidence.
Now, write the supporting evidence for the following arguments.
Baca Juga: Jawab Soal Activity 4 pada Unit 4: Analytical Exposition Text, Bahasa Inggris Kelas XI
1. Argument: the pandemic causes some people lose their jobs.
(Argumen: pandemi menyebabkan sebagian orang kehilangan pekerjaan.)
Supporting evidence 1:
(Bukti pendukung 1:)
The pandemic limits contact between people, so the occupations that connect with many people is greatly disrupted, for example: a driver; restaurant, hotel and shop employees; pilot; or even small market merchant must lose their job.
(Pandemi membatasi kontak antar manusia, sehingga pekerjaan yang berhubungan dengan banyak orang sangat terganggu, misalnya: supir; pegawai restoran, hotel dan toko; pilot; atau bahkan pedagang kecil di pasar harus kehilangan pekerjaan)
Supporting evidence 2:
(Bukti pendukung 2:)
The pandemic severely disrupted the country's economy, close contact should be strictly limited, so many industries and offices laid off many workers.
(Pandemi ini sangat mengganggu perekonomian negara, kontak dekat harus dibatasi secara ketat, sehingga banyak industri dan perkantoran yang merumahkan banyak pekerjanya.)
Baca Juga: Jawab Soal Activity 2, Unit 4: Analytical Exposition Text, Bahasa Inggris Kelas XI
2. Argument: the pandemic opens new jobs.
(Argumen: pandemi membuka lapangan kerja baru.)
Supporting evidence 1:
(Bukti pendukung 1:)
The pandemic brought changes in employment, medicines delivery services for patients who were being treated at home and could not leave the house emerged during the pandemic.
(Pandemi membawa perubahan pada lapangan kerja, layanan pengantaran obat bagi pasien yang dirawat di rumah dan tidak bisa keluar rumah bermunculan di masa pandemi.)
Supporting evidence 2:
(Bukti pendukung 2:)
During the pandemic, we need health workers who specifically handle COVID-19 patients in isolation homes.
(Di masa pandemi, kita membutuhkan tenaga kesehatan yang khusus menangani pasien COVID-19 di rumah isolasi.)
3. Argument: the pandemic causes secondary needs to increase.
(Argumen: pandemi menyebabkan kebutuhan sekunder meningkat.)
Supporting evidence 1:
(Bukti pendukung 1:)
The pandemic forms a new normal of life, for example, people work more, go to school, and spend time at home, so the need for entertainment, medicine, supplements, and the internet increases.
(Pandemi membentuk kehidupan normal baru, misalnya masyarakat lebih banyak bekerja, bersekolah, dan menghabiskan waktu di rumah, sehingga kebutuhan akan hiburan, obat-obatan, suplemen, dan internet semakin meningkat.)
Supporting evidence 2:
(Bukti pendukung 2:)
During a pandemic, primary needs alone are not enough. People need secondary needs for survival and entertainment.
(Di masa pandemi, kebutuhan primer saja tidak cukup. Orang membutuhkan kebutuhan sekunder untuk bertahan hidup dan hiburan.)
Nah, itulah pembahasan soal Activity 6 pada Unit 4: Analytical Exposition Text, bahasa Inggris kelas XI.
Tonton video ini, yuk!
Source | : | kemdikbud.go.id |
Penulis | : | Rizky Amalia |
Editor | : | AdjarID |
KOMENTAR