adjar.id - Pada artikel ini kita akan membahas soal dari buku Sejarah kelas XI.
Terdapat soal Latih Ulangan Akhir Bab 6: "C. Proklamator dan Peran Para Tokoh Sekitar Proklamasi" buku Sejarah kelas XI di halaman 136.
Soal Latih Ulangan Akhir Bab 6: "C. Proklamator dan Peran Para Tokoh Sekitar Proklamasi" terdiri atas 9 pertanyaan esai.
Sebelum membahas soal yang tersedia, kita dapat membaca dan mempelajari ulang materi "C. Proklamator dan Peran Para Tokoh Sekitar Proklamasi".
Nah, informasi di bawah ini juga dapat dijadikan sebagai referensi jawaban soal Latih Ulangan Akhir Bab 6: "C. Proklamator dan Peran Para Tokoh Sekitar Proklamasi", ya.
Simak informasi berikut ini untuk mengetahui pembahasan soal Latih Ulangan Akhir Bab 6: "C. Proklamator dan Peran Para Tokoh Sekitar Proklamasi" materi Sejarah kelas XI.
Pembahasan Soal Latih Ulangan Akhir BAB 6: C
1. Bagaimana penilaian kamu tentang adanya Janji Kaiso, tentang kemerdekaan Indonesia?
Jawaban: Menurut saya, Perjanjian Kaiso yang memberikan kemerdekaan hanya dijadikan sebuah taktik agar rakyat Indonesia tetap membantu Jepang dalam berperang.
Namun, dengan adanya janji ini tokoh-tokoh nasionalis Indonesia memiliki kelonggaran untuk menyusun berbagai rencana persiapan kemerdekaan.
2. Mengapa terjadi perbedaan antara para pemuda dengan Soekarno-Hatta dan menapa terjadi peristiwa Rengasdengklok?
Jawaban: Peristiwa Rengasdengklok terjadi akibat perbedaan pemahaman antara para pemuda dengan Soekarno Hatta terkait waktu pelaksanaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Para pemuda menilai, proklamasi harusnya dilaksanakan oleh kekuatan bangsa sendiri, bukan oleh PPKI yang merupakan organisasi bentukan Jepang.
Tetapi di sisi lain, golongan tua (Soekarno Hatta) berpendapat bahwa PPKI harus terlibat dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia agar tidak terjadi penyimpangan dari ketentuan yang berlaku.
Maka para pemuda pun mengambil langkah cepat karena gagal meyakinkan golongan tua untuk memproklamasikan kemerdekaan. Pemuda pun menjauhkan Soekarno Hatta agar tak terpengaruh oleh pemikiran Jepang dan bersedia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
3. Bagaimana kira-kira perubahan yang terjadi dalam kehidupan sosial, ekonomi, politik dan budaya setelah terjadi kemerdekaan?
Jawaban: Perubahan yang terjadi dalam kehidupan sosial, ekonomi, politik, dan budaya setelah terjadi kemerdekaan dalam bidang ekonomi pascaproklamasi kemerdekaan tidak ada perubahan yang signifikan karena ekonomi Indonesia masih terpuruk.
Dalam bidang politik telah terjadi perubahan di mana pemerintahan dipegang langsung oleh Bumiputera.
Dalam bidang sosial-budaya tejadi perubahan dengan terbebasnya masyarakat dari segala bentuk tindak penjajahan yang tidak ada lagi diskriminasi terhadap Bumiputera.
4. Jelaskan pentingnya NKRI bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia!
Jawaban: NKRI sangat penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia untuk menyatukan kehidupan bangsa yang beragam, yakni dari suku bangsa, etnis, agama, bahasa, adat istiadat, dan beribu-ribu pulau.
Baca Juga: Jawab Soal Latih Uji Kompetensi Bab 6: B. Terbentuknya Pemerintahan dan NKRI, Sejarah Kelas XI
Sebagai generasi penerus bangsa kita merasa terpanggil untuk turut serta dalam usaha membela negara dan tak terpecah belah akibat informasi yang cepat beredar
5. Lakukan identifikasi departemen dan nama-nama menterinya, serta pembagian provinsinya!
Jawaban: - Departemen dalam Negeri, Menterinya R.A.A. Wiranata Kusumah.
- Departemen Luar Negeri: Mr. Ahmad Subarjo.
- Departemen Keuangan: Mr. A.A. Maramis.
- Departemen Kehakiman: Prof. Mr. Supomo.
- Departemen Kemakmuran: Ir. Surakhmad Cokroadisuryo.
- Departemen Keamanan Rakyat: Supriyadi.
- Departemen Kesehatan: Dr. Buntaran Martoatmojo.
- Departemen Pengajaran:Ki Hajar Dewantara.
- Departemen Penerangan: Mr. Amir Syarifuddin.
- Departemen Sosial: Mr. Iwa Kusumasumantri.
- Departemen Pekerjaan Umum: Abikusno Cokrosuyoso.
- Departemen Perhubungan: Abikusno Cokrosuyoso.
- Departemen Negara: Wahid Hasyim, Dr. M. Amir, Mr. R.M. Sartono, R. Otto Iskandardinata.
6. Mengapa pada awal kemerdekaan kondisi perekonomian bangsa Indonesia dikatakan sangat memprihatinkan?
Jawaban: Pada awal kemerdekaan kondisi perekonomian bangsa Indonesia dikatakan sangat memprihatinkan karena inflasi.
Bahkan Indonesia belum mempunyai mata uang Republik Indonesia, peredaran mata uang asing, dan kas negara kosong.
Inflasi yang cukup berat terjadi dipicu karena peredaran mata uang rupiah Jepang yang tak terkendali sedangkan nilai tukarnya sangat rendah.
Pemerintah Indonesia tidak bisa melarang peredaran mata uang asing karena Indonesia belum memiliki mata uang sendiri.
7. Apa peran dan posisi KNIP dalam struktur ketatanegaraan Indonesia pada awal kemerdekaan?
Jawaban: Peran KNIP dalam struktur ketatanegaraan Indonesia pada awal kemerdekaan adalah membantu presiden.
Baca Juga: Jawab Soal Asesmen Bagian Pilihan Ganda Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan, Sejarah Kelas XI
Sementara anggotanya terdiri dari pemuka-pemuka masyarakat di berbagai golongan dan daerah sebagai penjelmaan kebulatan tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia untuk menyelenggarakan kemerdekaan Indonesia berdasarkan kedaulatan rakyat.
Posisi KNIP sebagai lembaga legislatif, sedang presiden adalah eksekutif.
8. Jelaskan, mengapa perlu partai politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia!
Jawaban: Partai politik diperlukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia, karena Partai Politik merupakan sebuah wadah untuk menyaring tokoh-tokoh yang menduduki jabatan dalam pemerintahan baik di daerah maupun pemerintah Pusat.
Selain itu partai politik merupakan sarana untuk menyalurkan aspirasi-aspirasi rakyat yang akan di olah menjadi kebijakan yang berguna bagi kepentingan rakyat.
9. Rumuskan nilai-nilai kejuangan yang berkaitan dengan peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945!
Jawaban: Nilai-nilai kejuangan yang berkaitan dengan peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 di antaranya, cinta terhadap tanah air, rela berkorban, saling bekerja sama, mufakat dan musyawarah, nilai Persatuan dan kesatuan, nilai kejuangan rasa senasib dan sepenanggungan, nilai kejuangan patriotisme.
Nah, demikian informasi tentang pembahasan soal Latih Ulangan Akhir BAB 6: "C. Proklamator dan Peran Para Tokoh Sekitar Proklamasi" materi Sejarah kelas XI di halaman 136.
Tonton video ini, yuk!
Source | : | kemdikbud.go.id |
Penulis | : | Rizky Amalia |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR