adjar.id - Pada artikel ini kita akan membahas soal dalam buku Sejarah kelas XI.
Terdapat soal Latih Ulangan Akhir Bab 5: "Tirani Matahari Terbit" pada buku Sejarah kelas XI halaman 72.
Nah, dalam soal Latih Ulangan Akhir Bab 5: "Tirani Matahari Terbit" ada 10 pertanyaan.
Sebelum membahas soal ini, kita dalam membaca kembali materi Bab 5 tentang pendudukan Jepang di Indonesia, ya.
Simak informasi berikut untuk mengetahui pembahasan soal Latih Ulangan Akhir Bab 5: "Tirani Matahari Terbit" materi Sejarah kelas XI halaman 72.
Pembahasan Soal Latih Ulangan Akhir Bab 5: "Tirani Matahari Terbit"
1. Mengapa Jepang tampak begitu mudah memasuki Kepulauan Indonesia secara merata?
Jawaban: Karena berbeda dengan Belanda dan sekutu yang langsung menunjukkan kekuatannya, Jepang melakukan propaganda untuk menarik simpati rakyat, yang mana Jepang awalnya berjanji untuk membantu Indonesia mengalahkan sekutu yakni Belanda dan akan memberikan kemerdekaan sepenuhnya.
2. Mengapa dibentuk pemerintahan militer di Sumatera, Jawa, dan juga Indonesia bagian timur?
Jawaban: Karena militer di bagian Indonesia timur sangat lemah dan sangat rawan penjajahan.
Sementara hasil tambang yang melimpah berada di Pulau Sumatera dan Jawa sehingga ketiga daerah tersebut rentan mengalami penjajahan.
3. Apa maksud program "Pan Asia" dan apa hubungannya dengan ajaran Hakko ichiu?
Baca Juga: Jawab Soal Latih Uji Kompetensi Bab 5: D. Drama Akhir Sang Tirani, Sejarah Kelas XI
Jawaban: Pan Asia merupakan sebuah ideologi yang mempromosikan persatuan politik dan ekonomi dan kerja sama masyarakat Asia.
Ideologi ini sesuai dan berhubungan dengan slogan Hakko Ichiu milik Jepang.
Hakko Ichiu (Delapan Penjuru Dunia di Bawah Satu Atap) adalah slogan persaudaraan universal yang digunakan Jepang untuk menciptakan Kawasan Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya dalam Perang Dunia II.
4. Mengapa dibentuk PUTERA dan apa tujuannya?
Jawaban: PUTERA merupakan sebuah organisasi yang dibentuk oleh pemerintah Jepang pada tanggal 16 April 1934.
Tujuan dari dibentuknya PUTERA adalah agar kaum nasionalis dan intelektual mau mengabdikan pikiran serta tenaganya untuk kepentingan melawan sekutu.
Namun, dari sisi Indonesia PUTERA juga erat kaitannya dengan gerakan BPUPKI serta kemerdekaan.
5. Mengapa dibentuk Barisan Pelopor apa tujuannya?
Jawaban: Barisan pelopor adalah sayap pemuda dari Jawa Hokokai yang dibentuk pada bulan Agustus 1944.
Tujuan dari dibentuknya organisasi ini adalah untuk memberikan pendidikan serta pelatihan kepada para pemuda.
Namun, ada maksud tersembunyi dalam pembentukan organisasi satu ini, salah satunya yaitu untuk mendapatkan tenaga cadangan sebanyak-banyaknya yang diperlukan untuk mendukung kemenangan Jepang dalam perang dunia II.
6. Jelaskan yang dimaksud dengan Ekonomi Perang?
Jawaban: Ekonomi perang artinya perang yang menggunakan cara-cara ekonomi untuk menghancurkan negara musuh melalui kehancuran perekonomiannya, dilakukan dengan berbagai cara, seperti blokade, pencegahan pembelian atau perolehan bahan-bahan strategis, senjata, atau mesin, serta pengucilan dari kegiatan ekonomi
7. Pada zaman Jepang, keadaan pendidikan dan aktivitas di bidang perkebunan mengalami kemerosotan. Mengapa hal itu bisa terjadi? Coba lakukan telaah kritis!
Jawaban: Karena Jepang hanya membolehkan penanaman tumbuhan tertentu seperti jarak, lada dan tanaman tertentu dan hanya kalangan bangsawan saja yang diperbolehkan untuk bersekolah.
8. Jelaskan dampak dari berbagai kebijakan Jepang itu terhadap kehidupan masyarakat!
Jawaban: Dampak dari berbagai kebijakan Jepang terhadap kehidupan masyarakat, antara lain:
- Membuat rakyat indonesia tersiksa karena kebijakan kerja yang semena-mena (Romusha).
- Lahan pertanian menjadi rusak karena tidak memperhatikan musim dan jenis tanaman dan hanya memperhatikan keuntungan.
- Rakyat Indonesia tak mampu untuk melakukan kegiatan belajar mengajar karena hanya bangsawan yang boleh sekolah.
- Ekonomi Indonesia memburuk.
9. Jelaskan tentang perlawanan Rakyat Papua terhadap kekejaman Jepang!
Jawaban: Perlawanan terjadi di beberapa daerah di Irian Jaya, antara lain:
- Perlawanan rakyat di Biak (1944), perlawanan ini dipimpin oleh L. Rumkorem, pimpinan Gerakan "Koreri" yang berpusat di Biak.
Perlawanan ini dilatarbelakangi oleh penderitaan rakyat yang diperlakukan sebagai budak belian, dipukuli, dan dianiaya.
- Perlawanan rakyat di Pulau Yapen Selatan, perlawanan ini dipimpin oleh Nimrod.
Ketika Sekutu sudah mendekat maka memberi bantuan senjata kepada pejuang sehingga perlawanan semakin seru.
Nimrod dihukum pancung oleh Jepang untuk menakut-nakuti rakyat. Tetapi rakyat tidak takut dan muncullah seorang pemimpin gerilya yakni Silas Papare.
- Perlawanan rakyat di Tanah Besar, daratan Irian (Papua), dipimpin oleh Simson
Secara umum dalam perlawanan rakyat di Irian Jaya, terjadi hubungan kerja sama antara gerilyawan dengan pasukan penyusup Sekutu sehingga rakyat mendapatkan modal senjata dari Sekutu.
10. Nilai-nilai apa yang dapat kamu peroleh setelah belajar tentang sejarah pendudukan di Jepang di Indonesia?
Jawaban: Sebagai pelajar, bisa menghargai pendidikan sehingga lebih semangat dalam belajar.
Baca Juga: Jawab Soal Asesmen Bagian Esai Bab 2 Pergerakan Kebangsaan Indonesia, Sejarah Kelas XI
Menjadikan sikap kerja keras dari kependudukan Jepang untuk menggapai cita-cita.
Demikian informasi tentang pembahasan soal Latih Ulangan Akhir Bab 5: "Tirani Matahari Terbit" materi Sejarah kelas XI halaman 72.
Tonton video ini, yuk!
Source | : | kemdikbud.go.id |
Penulis | : | Rizky Amalia |
Editor | : | AdjarID |
KOMENTAR