adjar.id - Pada artikel ini kita akan membahas soal Latih Uji Kompetensi dari buku Sejarah kelas XI.
Terdapat soal Latih Uji Kompetensi Bab 5: D. "Drama Akhir Sang Tirani" pada buku Sejarah kelas XI halaman 71.
Nah, soal Latih Uji Kompetensi Bab 5: D. "Drama Akhir Sang Tirani" terdiri atas lima pertanyaan yang berbentuk esai.
Sebelum membahas soal ini kita dapat mempelajari terlebih dahulu materi Bab 5: D. "Drama Akhir Sang Tirani" di halaman 61.
Bab 5: D. "Drama Akhir Sang Tirani" mempelajari tentang kedatangan Jepang yang dianggap sebagai saudara tua pada mulanya disambut dengan penuh harapan.
Namun, perlakuan yang kejam terhadap rakyat Indonesia menimbulkan kebencian rakyat Indonesia pada Jepang.
Dampak pendudukan Jepang di Indonesia menjadikan rakyat semakin sengsara, serta kehidupan yang semakin sulit.
Semua gerak dikontrol oleh pemerintah Jepang. Selama itu pula, Jepang menerapkan kebijakan ekonomi berdasarkan azas ekonomi perang, yaitu menerapkan berbagai peraturan, pembatasan, dan penguasaan produksi oleh negara untuk kemenangan perang.
Mobilisasi massa menimbulkan kesengsaraan dan penderitaan, bahkan korban jiwa, yaitu romusa yang kemudian oleh pemerintah Jepang disebut sebagai prajurit pekerja.
Pada masa pendudukan Jepang, pembentukan organisasi massa dilakukan atas mobilisasi pemerintah militer Jepang.
Meski demikian pergerakan terus dilakukan oleh kaum nasionalis baik secara terang-terangan maupun di bawah tanah.
Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui pembahasan soal Latih Uji Kompetensi Bab 5: D. "Drama Akhir Sang Tirani" materi Sejarah kelas XI.
Pembahasan Soal Latih Uji Kompetensi Bab 5: D. "Drama Akhir Sang Tirani"
1. Coba kamu uraikan dengan singkat, mengapa pergerakan nasional pada tahun 1930-an menjadi lebih moderat! Buatlah dalam lembar kertas folio dan diskusikanlah dengan temanmu!
Jawaban: Pergerakan nasional pada tahun 1930 terinspirasi pada gerakan yang memiliki imbas secara luas hingga terasa di level nasional.
Contohnya adalah tulisan Bung Karno di harian nasional yang berjudul 'Indonesia Menggugat'.
Selain itu setelah konferensi Sumpah Pemuda, jalur perjuangan tidak lagi semata-mata menggunakan bambu runcing, tetapi lebih ke arah diplomasi, mencari dukungan dari negara-negara sekitar yang juga menderita akibat kolonialisme.
2. Buatlah inventarisasi tentang pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang, kemudian bandingkan dengan masa penjajahan Belanda!
Jawaban: Perbandingan pergerakan nasional pada masa kependudukan Jepang dan masa penjajahan Belanda yakni sistem perlawanannya.
Pada masa kependudukan Jepang, pemuda Indonesia menggunakan perlawanan penuh dengan memanfaatkan berbagai organisasi yang dibentuk para pemuda.
Sementara sebelumnya, pemuda hanya mengandalkan serangan senjata tradisional untuk melawan penjajah Belanda.
Serangan itu tentu saja hanya bersifat kedaerahan. Akibatnya serangan-serangan pemuda Indonesia itu sangat mudah dihentikan oleh Belanda yang memiliki persenjataan lengkap.
Tak hanya itu, perlawanan tersebut biasanya dipimpin oleh raja, sultan, patih, atau ulama dan sebagainya.
Jadi, apabila pemimpin tersebut gugur dalam medan perang maka perlawanan tidak dilanjutkan.
Sementara, saat pemuda merencanakan pergerakan nasional pada masa penjajahan Belanda telah mengandalkan strategi yang dibuat dengan fasilitas organisasi kebangsaan.
Pemuda juga tak lagi mengangkat senjata dan sudah mulai membentuk ikrar kepada seluruh pemuda-pemudi Indonesia dengan nama Ikrar Sumpah Pemuda.
Tiga ayat ikrar tersebut diresmikan pada keputusan Kongres Pemuda Kedua yang dilaksanakan selama dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Jakarta.
3. Bagaimanakah peran BPUPKI dan PPKI dalam mempersiapkan kemerdekaan? Coba diskusikan dengan teman-temanmu, kemudian buatlah laporan singkat tentang pembentukan dasar negara dan perumusan Pancasila sebagai dasar negara dalam lima lembar kertas folio!
Jawaban: Berikut ini merupakan tugas dari BPUPKI, antara lain:
- Membahas dan menyusun dasar negara Indonesia.
- Membentuk panitia kecil untuk menampung saran dan konsep dasar negara.
- Membantu Panitia Sembilan bersama panitia kecil.
Baca Juga: Jawab Soal Latih Uji Kompetensi Bab 5 'Tirani Matahari Terbit', Sejarah Kelas XI
- Membentuk reses dalam kurun waktu satu bulan.
- Membuat Piagam Jakarta atau Jakarta Charter
Sementara berikut ini adalah tugas PPKI, antara lain:
- Mengesahkan UUD 1945.
- Memilih dan mengangkat Ir. Soekarno sebagai presiden Indonesia, serta Moh. Hatta sebagai wakil presiden Indonesia.
- Membentuk komite nasional untuk membantu presiden dan wakil presiden.
4. Bagaimana menurut pendapatmu kondisi Indonesia selama dalam pendudukan Jepang?
Jawaban: Menurut saya selama pendudukan Jepang di Indonesia yang hanya sebentar, tetapi dampak luar biasa dirasakan rakyat Indonesia yang makin menderita.
Perekonomian memburuk, kelaparan, penyakit merajalela, dan kematian akibat adanya kerja paksa, kerja rodi, dan romusa yang tidak memberikan upah bagi pekerja, hingga pendidikan terbatas.
Hal ini menunjukkan kondisi Indonesia sangat buruk saat penjajahan Jepang dibandingkan Belanda.
5. Apakah Indonesia diuntungkan atau dirugikan dengan adanya pendudukan Jepang?
Baca Juga: Jawab Soal Asesmen Bab I 'Kolonialisme dan Perlawanan Bangsa Indonesia', Sejarah Kelas XI
Jawaban: Kependudukan Jepang juga menyisakan dampak positif bagi Indonesia, yakni adanya kebijakan dalam bidang pemerintahan dan pendidikan.
Tetapi tentu saja rakyat Indonesia hanya mengambil sedikit keuntungan dari penjajahan Jepang daripada dampak negatifnya.
Itulah informasi pembahasan soal Latih Uji Kompetensi Bab 5: D. "Drama Akhir Sang Tirani" materi Sejarah kelas XI.
Tonton video ini, yuk!
Source | : | kemdikbud.go.id |
Penulis | : | Rizky Amalia |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR