adjar.id - Daftar isi adalah daftar judul dari bagian-bagian buku atau karya ilmiah yang sekaligus memuat nomor halaman secara berurutan.
Daftar isi menjadi salah satu bagian paling penting dalam penulisan karya ilmiah, Adjarian.
Nah, daftar isi berisi penyajian sistematika isi secara lebih rinci dari karya ilmiah atau laporan penelitian.
Selain itu, daftar isi juga berfungsi mempermudah pembaca mencari judul atau subjudul yang ingin dibaca.
Daftar isi memuat urutan bab dan subbab yang dapat memberikan gambaran menyeluruh pada pembaca tentang pokok-pokok bahasan yang terdapat dalam sebuah karya tulis.
Untuk membuat daftar isi dapat dilakukan dengan menggunakan software Microsoft Word.
Membuat daftar isi menggunakan Microsoft Word dapat dilakukan secara otomatis, sehingga kita tidak perlu lagi mengetik secara manual.
Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui cara membuat daftar isi dalam karya ilmiah menggunakan Microsoft Word.
1. Cara Membuat Daftar Isi dalam Microsoft Word Windows
- Buka file atau dokumen yang diinginkan untuk dibuat daftar isi.
- Klik menu References di Microsoft Word.
Baca Juga: Cara Menambahkan Caption pada Gambar di Dokumen Microsoft Word
- Pilih opsi Table od Contents dan klik Automatic Table 1.
- Microsoft Word akan otomatis membuat daftar isi dan subjudul dengan keterangan nomor halaman.
- Kita bisa mengedit ulang untuk menyesuaikan urutan daftar isi.
- Untuk memperbaruinya, klik References, Update Table dan pilih opsi Update Page Number Only atau Update Entire Table.
- Opsi Update Page Number Only berfungsi untuk memperbarui nomor halaman.
- Opsi Update Entire Table berfungsi untuk memperbarui seluruh urutan daftar isi.
- Jika ada entri yang hilang dari daftar isi maka silakan klik Home, Style, dan Heading 1.
- Masukkan teks judul dan nomor halaman yang diinginkan untuk memperbarui daftar isi.
2. Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word dari Mac OS
Cara membuat daftar isi di Microsoft Word dari Mac OS hampir sama seperti yang di Windows.
Baca Juga: Cara Merapikan Paragraf di Microsoft Word, Cepat dan Mudah
- Buka file tulisan atau dokumen yang ingin dibuatkan daftar isi.
- Klik menu References, Update Table, lalu pilih antara opsi Update Page Number Only atau Update Entire Table.
- Opsi Update Page Number Only berfungsi untuk memperbarui nomor halaman.
- Opsi Update Entire Table berfungsi untuk memperbarui seluruh urutan daftar isi.
- Apabila ada entri yang hilang dari daftar isi, klik Home, Style, Heading 1.
- Kemudian masukkan teks judul dan nomor halaman yang diinginkan untuk memperbarui daftar isi.
3. Cara Membuat Daftar Isi dalam Microsoft Word Web
- Akses Microsoft Word Web melalui laman Office.com dan login dengan email dan kata sandi seperti cara pada umumnya.
- Klik menu References.
- Pilih opsi Table of Contents.
- Klik Insert Table of Contents.
Baca Juga: 2 Cara Mengecilkan Ukuran File Microsoft Word Tanpa Aplikasi
- Tulis keterangan teks judul dan halaman yang diinginkan dan pastikan sesuai dengan urutan.
- Jika kita ingin memperbarui, silakan klik Reference, Update Table of Contents, dan daftar isi akan otomatis diperbarui.
Nah, itulah informasi tentang cara membuat daftar isi karya ilmiah dalam Microsoft Word pada Windows, Web, dan Mac OS.
Coba Jawab! |
Apa fungsi daftar isi pada karya ilmiah atau laporan penelitain? |
Petunjuk: Cek di halaman 1. |
Tonton video ini, yuk!
Source | : | Microsoft.com |
Penulis | : | Rizky Amalia |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR