adjar.id - Dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa dengan mudah menemukan iklan.
Saat menonton televisi, membaca koran, jalan-jalan di tempat wisata, dan lain sebagainya.
Dengan kata lain, iklan merupakan bagian dari kehidupan manusia sekarang.
Ini dikarenakan, iklan memiliki tujuan khusus, Adjarian.
Tujuannya, untuk menawarkan, mempromosikan, atau memberitahukan tentang suatu hal.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan.
Iklan dibuat sebagai pemberitahuan kepada khalayak tentang suatu barang dan jasa.
Salah satu fungsi iklan berdasarkan kepentingannya, yaitu kepentingan bisnis komersial.
Kepentingan bisnis komersial untuk membantu menjual barang dan jasa.
Iklan dengan fungsi ini disebut juga dengan iklan komersial.
Iklan komersial banyak ditampilkan di banyak tempat, seperti majalah, televisi, dan radio.
Baca Juga: 2 Jenis Iklan Nonkomersial, Materi Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum Merdeka
Agar kepentingan bisnis iklan komersial dapat terwujud, maka iklan perlu memuat informasi-informasi lengkap.
Nah, berikut macam-macam informasi yang perlu ada di dalam sebuah iklan komersial.
"Iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan."
1. Nama Produk
Nama produk merupakan informasi utama yang harus ada di dalam iklan komersial.
Ini merupakan identitas agar khalayak dapat mengenal produk yang diiklankan.
Oleh sebab itu, nama dari sebuah produk itu sendiri penting untuk dibuat semenarik mungkin.
2. Penjelasan tentang Produk
Penjelasan tentang produk dapat dimuat untuk memberitahukan kegunaan atau jenis produk yang diiklankan.
Penjelasan ini dibuat sesingkat mungkin, tetapi bisa mewakilkan produk secara keseluruhan.
3. Keunggulan Produk
Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Iklan? Materi Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum Merdeka
Keunggulan produk juga penting dalam sebuah iklan agar khalayak tertarik.
Ini bisa dilakukan dengan membandingkan produk yang diiklankan dengan produk lain, tetapi secara tidak langsung.
Misalnya: "Jus jeruk asli lebih kaya vitamin dibanding jus jeruk lainnya".
4. Cara Mendapatkan Produk
Agar lebih lengkap, sebuah iklan komersial juga bisa ditambahkan informasi tentang cara mendapatkan produk.
Misalnya: "Segera dapatkan di toko-toko terdekat".
5. Informasi Harga
Harga merupakan salah satu penentu keputusan seseorang dalam membeli sebuah produk.
Dengan informasi harga, dapat membuat iklan menjadi lebih menarik perhatian khalayak.
Terlebih lagi jika harga yang ditawarkan lebih rendah atau menguntungkan daripada harga produk merek lain.
6. Testimoni
Baca Juga: Jawab Soal Bahasa Indonesia Tabel 2.11 Rancangan Iklan, Kelas VIII Kurikulum Merdeka, Bab 2
Dalam sebuah iklan komersial juga bisa ditambahkan testimoni atau ulasan pembeli akan suatu produk.
Namun, informasi ini tidak harus ada jika iklan dimuat dalam media-media yang tidak memungkinkan.
Misalnya koran dengan tempat yang terbatas.
"Enam informasi dalam iklan komersial, mencakup nama produk, penjelasan tentang produk, keunggulan produk, cara mendapatkan produk, informasi harga, dan testimoni."
Nah, itu dia informasi-informasi yang harus ada di dalam iklan komersial.
Coba Jawab! |
Apa yang dimaksud fungsi iklan kepentingan bisnis komersial? |
Petunjuk: Cek halaman 1. |
Tonton video ini juga, yuk!
Penulis | : | Mumtahanah Kurniawati |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR