adjar.id - Sebelum belajar bagaimana cara membuat iklan, kita perlu untuk mengenal iklan terlebih dahulu.
Nah, iklan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.
Sebuah iklan bertujuan untuk mempromosikan, membujuk, dan mengingatkan calon pembeli tentang produk yang diiklankan.
Iklan dengan tujuan seperti itu disebut dengan iklan komersial, Adjarian.
Iklan dibagi menjadi dua, yaitu iklan komersial dan iklan nonkomersial.
Jika iklan komersial bertujuan untuk mempromosikan barang dan jasa, berbeda dengan iklan nonkomersial.
Iklan nonkomersial merupakan iklan yang tidak berhubungan dengan niaga atau perdagangan, contohnya iklan layanan masyarakat dan iklan pemberitahuan.
Secara umum, iklan harus dibuat secara efektif, yaitu iklan yang berhasil menarik perhatian pembaca.
Lalu, bagaimana cara membuat iklan?
Berikut langkah-langkahnya.
"Ada dua macam iklan, yaitu iklan komersial dan iklan nonkomersial."
Baca Juga: Apa Itu Iklan Komersial? Materi Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum Merdeka
1. Identifikasi Keunggulan Produk
Salah satu alasan utama seseorang membeli suatu produk yang diiklankan adalah karena adanya keunggulan tertentu dari produk tersebut.
Nah, jadi, jika ingin membuat iklan kita harus mengenali dan memahami keunggulan dari produk yang akan kita iklankan, yang kemudian akan ditampilkan dalam iklan.
2. Menentukan Target Konsumen
Untuk dapat membuat iklan yang efektif, kita perlu untuk mengenali konsumen.
Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan iklan seperti apa yang cocok dengan target konsumen.
Jika sudah menentukan target konsumen, kita bisa merancang kalimat-kalimat iklan sesuai dengan konsumen yang dituju.
3. Menentukan Unsur-Unsur dalam Iklan
Iklan memiliki empat unsur, yaitu tulisan, gambar, suara, dan gerak.
Namun, jika akan membuat iklan cetak, unsur yang perlu ada dalam iklan kita hanya tulisan dan gambar.
4. Menentukan Pesan yang akan ditampilkan dalam Iklan
Baca Juga: 2 Jenis Iklan Nonkomersial, Materi Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum Merdeka
Pesan dalam iklan ditampilkan melalui kata dan gambar.
Sebelum membuat iklan, penting untuk kita menentukan terlebih dahulu pesan seperti apa yang ingin disampaikan melalui iklan.
"Ada empat langkah untuk membuat iklan, yaitu identifikasi keunggulan produk, menentukan target konsumen, menentukan unsur-unsur iklan, dan pesan yang akan ditampilkan."
Itu dia cara membuat iklan. Menurut Adjarian apakah membuat iklan itu sulit?
Coba Jawab! |
Apa yang dimaksud dengan iklan komersial? |
Petunjuk: Cek halaman 1. |
---
Sumber: Buku Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Karya Maya Lestari Gusfitri, dkk., Kemdikbud.
Tonton ini juga, yuk!
Penulis | : | Mumtahanah Kurniawati |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR