adjar.id - Di halaman 134 bab 3 buku Biologi kelas XII Kurikulum Merdeka, terdapat soal Aktivitas 3.5.
Pada soal tersebut, kita diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan membandingkan beberapa percobaan yang mendukung perkembangan teori evolusi.
Nah, kali ini artikel ini akan membahas soal tersebut yang dapat dijadikan sebagai referensi, Adjarian.
Teori evolusi adalah kerangka konseptual yang menjelaskan perubahan bertahap dalam spesies makhluk hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya.
Hal ini dilakukan melalui mekanisme warisan genetik, variasi genetik, dan seleksi alam.
Evolusi termasuk salah satu teori dalam ilmu biologi yang menyatakan bahwa berbagai jenis hewan, tumbuhan, dan makhluk hidup lain di bumi berasal dari jenis lain yang telah ada sebelumnya.
Yuk, simak pembahasan soal Aktivitas 3.5 membandingkan percobaan yang mendukung perkembangan teori evolusi!
Aktivitas 3.5 Membandingkan Percobaan yang Mendukung Perkembangan Teori Evolusi
1. Bandingkan percobaan yang mendukung teori perkembangan mekanisme evolusi beberapa ilmuwan berikut. Tulis dalam tabel di bawah ini.
Jawaban:
- Van Leuwenhook
Bahan: Air rendaman jerami.
Percobaan yang dilakukan: Mengamati air rendaman jerami di bawah mikroskop.
Hasil: Menemukan mikroorganisme dari air rendaman jerami.
Kelemahan: Tidak menjelaskan mekanisme munculnya makhluk hidup.
- Needham
Bahan: Air kaldu.
Percobaan yang dilakukan: Mengamati perubahan air kaldu.
Hasil: Air kaldu menjadi keruh akibat keberadaan mikroorganisme.
Kelemahan: Tidak menjelaskan mekanisme munculnya makhluk hidup.
- Francesco Redi
Bahan: Daging segar.
Baca Juga: Jawab Soal Aktivitas 3.2 tentang Evolusi Kuda, Materi Biologi Kelas XII Kurikulum Merdeka
Percobaan yang dilakukan: Mengamati perubahan daging dengan tiga perlakuan, yaitu daging diletakkan pada stopless terbuka, stopless tertutup, dan stopless ditutup rapat.
Hasil: Muncul belatung pada stopless pertama dan kedua yang berasal dari telur lalat yang hinggap.
Kelemahan: Tidak melakukan sterilisasi terlebih dahulu pada daging dan stopless.
- Lazzaro Spalanzani
Bahan: Air kaldu.
Percobaan yang dilakukan: Mengamati perubahan warna air kaldu yang telah dipanaskan dengan dua perlakuan, yaitu labu dibiarkan terbuka dan labu dibiarkan tertutup rapat.
Hasil: Air kaldu pada labu terbuka menjadi keruh akibat kontaminasi dari luar.
Kelemahan: Belum mampu menjelaskan asal-usul munculnya makhluk hidup pertama.
- Louis Pasteur
Bahan: Air kaldu.
Percobaan yang dilakukan: Mengamati perubahan air kaldu yang telah disterilisasi menggunakan labu leher aksa yang dimiringkan.
Baca Juga: Mengenal Jenis dan Prinsip Evolusi
Sehingga terdapat air kaldu yang terjebak di bagian leher labu.
Hasil: Air kaldu yang terjebak di bagian leher labu saat dimiringkan berubah warna menjadi keruh.
Sementara air kaldu di bagian dasar labu warnanya tetap jernih.
Kelemahan: Mikroorganisme yang menyebabkan air kaldu menjadi keruh tidak berasal dari air kaldu tetapi dari organisme lain di udara.
2. Tulis pendapat kalian (pro atau kontra) secara pribadi terkait beberapa teori yang telah dipelajari. Lengkapi juga pendapat kalian dengan alasan yang ilmiah dan dapat diterima.
Jawaban: Peserta didik bisa menjawab sesuai pendapat masing-masing.
Akan tetapi peserta didik bisa memilih bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya.
Nah, itulah pembahasan soal Aktivitas 3.5 membandingkan percobaan yang mendukung perkembangan teori evolusi.
---
Sumber: Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XII karya Shilviana Dewi, dkk., Kemdikbudristek, Tahun 2022.
Yuk, tonton juga video berikut ini!
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR