adjar.id - Dalam buku Belajar Bersama Temanmu Matematika Vol 1 kelas V SD Kurikulum Merdeka, terdapat soal Persoalan 2 di halaman 144.
Pada soal itu, kita diminta menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan pecahan, Adjarian.
Kali ini kita akan membahas soal tersebut yang bisa dijadikan sebagai referensi.
Pecahan adalah representasi dari bilangan atau jumlah yang merupakan bagian dari suatu kesatuan utuh.
Pecahan terdiri dari dua bagian utama, yaitu pembilang dan penyebut.
Pembilang adalah angka di bagian atas pecahan, yang menunjukkan seberapa banyak bagian yang diambil atau dihitung.
Sementara penyebut adalah angka di bagian bawah pecahan, yang menunjukkan jumlah bagian yang membentuk keseluruhan.
Yuk, simak pembahasan soal Persoalan 2 tentang pecahan berikut ini!
Persoalan 2 tentang Pecahan
1. Ayo nyatakan 1/4 dalam bilangan desimal.
Jawaban: 1/4 bilangan desimalnya adalah 0,25.
Baca Juga: Jawab Soal Persoalan 1 tentang Pecahan, Materi Matematika Kelas V SD Kurikulum Merdeka
2. Farida mencoba untuk menyatakan pecahan lain dalam bilangan desimal. Dia menemukan bahwa beberapa pecahan tidak dapat dibagi dengan tepat.
Ada beberapa pecahan yang menghasilkan bilangan berulang, seperti berikut.
a. 1/3 = 0,33333...
b. 1/11 = 0,09090909...
Ketika kamu menyatakan 1/11 dalam bilangan desimal, apakah bilangan 1/11 dalam persepuluh?
untuk mendapatkan jawabannya, ayo gunakan aturan pola bahwa bilangan yang sama polanya berulang.
Jawaban: 9
3. 1/7 adalah pecahan yang menghasilkan bilangan berulang ketika kamu menyatakannya dalam bentuk desimal. Berapakah bilangan 1/7 dalam 100 tempat desimal? Ayo jelaskan bagaimana dan mengapa.
Jawaban: 1/7 dalam 100 = 8
1/7 = 0,142857142857, di mana 142857 adalah 6 angka yang diulang
100 : 6 = 16 kurang dari 4, angka ke 4 adalah 8
Nah, itulah pembahasan soal Persoalan 2 tentang pecahan.
---
Sumber: Buku Belajar Bersama Temanmu Matematika untuk SD Kelas V Vol 1 karya Tim Gokku Tosho.
Tonton video ini juga, yuk!
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR