adjar.id - Dalam buku Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut: Cakap Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka, terdapat soal Tabel 4.2 di halaman 114 bab 4.
Pada soal tersebut, kita diminta mengidentifikasi antara fakta dan opini dalam teks berita berjudul "Bumi Kardus: Menjaga Bumi dengan Kreasi Daur Ulang Sampah Kardus".
Nah, artikel ini akan membahas soal tersebut yang bisa dijadikan sebagai referensi.
Teks berita adalah jenis teks yang digunakan untuk menyampaikan informasi aktual tentang peristiwa atau kejadian terbaru kepada pembaca atau penonton.
Teks berita bertujuan untuk memberikan laporan yang obyektif, jelas, dan faktual mengenai suatu peristiwa atau topik tertentu.
O iya, teks berita dapat muncul dalam berbagai format, termasuk cetak, online, atau siaran berita.
Tujuan utama dari teks berita adalah memberikan informasi yang akurat, objektif, dan relevan kepada pembaca atau penonton.
Sehingga mereka dapat memahami peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di dunia.
Yuk, simak pembahasan soal Tabel 4.2 identifikasi antara fakta dan opini dalam teks berita berjudul "Bumi Kardus: Menjaga Bumi dengan Kreasi Daur Ulang Sampah Kardus"!
Tabel 4.2 Identifikasi antara Fakta dan Opini dalam Teks Berita
1. Pernyataan: Ada banyak sampah yang bisa didaur ulang, seperti plastik, kaleng, dan kardus.
Baca Juga: Jawab Soal Kegiatan 2 Mendiskusikan Teks Berita, Materi Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum Merdeka
Jawaban: Fakta
2. Pernyataan: Bahkan melalui kampanyenya, Bumi Kardus juga secara tidak langsung berkampanye melalui kerja sama pembuatan booth pameran, dekorasi event, dan backdrop yang sangat ramah lingkungan menggunakan kardus.
Jawaban: Fakta
3. Pernyataan: Salah satunya adalah congklak raksasa sepanjang 10 meter yang berkolaborasi bersama komunitas, dan masuk rekor MURI karena kreasi tersebut.
Jawaban: Fakta
4. Pernyataan: Bumi Kardus beranggapan bahwa sampah kardus di Jabodetabek umumnya dihasilkan dari kemasan produk makanan dan kemasan barang elektronik dan mainan.
Jawaban: Opini
5. Pernyataan: Kurikulumnya pun disesuaikan dengan usia sehingga workshop pemanfaatan media kardus ini tidak hanya untuk anak-anak, tetapi bisa untuk orang tua, atau tim building bagi karyawan perusahaan.
Jawaban: Opini
6. Pernyataan: Arifin sendiri menyampaikan alasannya mengapa mendirikan Bumi Kardus karena keinginannya membangun kesadaran masyarakat mengenai daur ulang kardus yang berasal dari limbah kertas.
Jawaban: Opini
Baca Juga: Langkah-Langkah Membuat Berita, Salah Satunya Mencatat Fakta
7. Pernyataan: Sayangnya kesadaran daur ulang limbah kertas dan kardus masih minim dan perlu ditingkatkan mulai dari lingkup rumah tangga, hingga lingkungan perkantoran agar tidak tercampur dengan sampah-sampah organik.
Jawaban: Opini
Itulah pembahasan soal Tabel 4.2 Identifikasi antara fakta dan opini dalam teks berita berjudul "Bumi Kardus: Menjaga Bumi dengan Kreasi Daur Ulang Sampah Kardus", Adjarian.
---
Sumber: Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X Karya Fadillah Tri Aulia, dkk., Kemdikbud.
Yuk, tonton video ini!
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | AdjarID |
KOMENTAR