adjar.id - Teks persuasi merupakan jenis teks yang digunakan dalam iklan.
Kenapa teks persuasi digunakan dalam iklan?
Sebab, teks persuasi memiliki tujuan untuk mempengaruhi atau mengajak seseorang agar melakukan suatu hal.
Misalnya, dalam iklan roti disebutkan bahwa roti tersebut dibuat dari bahan pilihan, memiliki isian yang banyak, cocok untuk sarapan, dan lain sebagainya.
Kata-kata tersebut merupakan contoh dari penggunaan teks persuasi dalam iklan, yang mendorong konsumen untuk membeli produk roti tersebut.
Secara umum, isi teks persuasi terdiri dari tiga unsur.
"Teks persuasi bertujuan untuk mempengaruhi atau mengajak seseorang agar melakukan suatu hal."
1. Argumentasi
Dalam teks persuasi terdapat argumentasi, yaitu pendapat dari penulis.
Penulis mengungkapkan pendapat sebagai bujukan agar pembaca terpengaruh.
Namun, pendapat yang dibuat oleh penulis harus disertai dengan fakta, bukan hanya sekadar pendapat yang tidak berdasar.
Baca Juga: Ciri-Ciri dan Struktur Teks Persuasif
Penulis | : | Mumtahanah Kurniawati |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR