adjar.id - Bab 5 pada buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kurikulum Merdeka, kelas VIII membahas tentang jati diri bangsa dan budaya nasional.
Setelah kita selesai mempelajari materi pada bab 5, kita bisa mengerjakan soal uji kompetensi yang ada di halaman 118, Adjarian.
Pada soal tersebut kita diminta untuk menjawab dan memberikan pendapat kita mengenai situasi yang ada di dalam soal.
Nah, untuk menjawab soal tipe seperti ini, kita perlu mencocokkan pendapat dengan penjelasan materi yang telah dipelajari agar dapat menjawab dengan tepat.
Yuk, langsung saja kita simak bersama pembahasan soal tersebut di bawah ini untuk referensi!
Uji Kompetensi Bab 5
1. Pada sebuah sekolah terdapat beberapa kegiatan ekstrakurikuler. Secara umum ada seni tari dan seni bela diri.
Tari Tango asal Argentina ternyata lebih menarik para siswi untuk mendaftar, sementara pendaftar Tari Saman asal Aceh relatif sepi pendaftar.
Sementara, pada seni bela diri, ekstrakurikuler karate lebih digemari daripada pencak silat merpati putih.
Bagaimana pendapat kalian terhadap fenomena di atas? Apa solusi yang kalian tawarkan agar budaya nasional lebih banyak diminati oleh siswa dan siswi di sekolah tersebut?
Jawab: Kita biasanya akan lebih tertarik dengan hal-hal yang asing yang banyak kita lihat di media sosial atau media lainnya.
Baca Juga: Tahapan Budaya Nasional Menjadi Identitas Bangsa, Materi PPKn Kelas VIII Kurikulum Merdeka
Terdapat beberapa solusi yang bisa kita lakukan agar budaya nasional lebih diminati siswa dan siswi, yaitu:
- Sosialisasi dan promosi untuk memberikan pemahaman bahwa tari dan seni bela diri tradisional merupakan hal yang menarik dan menyenangkan untuk dipelajari.
- Adaptasi, yaitu dengan membuat budaya nasional dapat beradaptasi atau mengikuti perkembangan zaman tanpa kehilangan identitas budaya nasional itu sendiri.
- Mengadakan pertunjukan tari dan seni bela diri tradisional di sekolah, sehingga para siswa dan siswi dapat melihat budaya nasional Indonesia.
2. Ada seorang pelajar yang lolos program pertukaran budaya ke Korea Selatan. Pelajar ini memang sangat menggemari budaya Korea Selatan.
Namun, pada sisi lain, ia kurang mengenali budaya nasional, bahkan budaya lokal asal daerahnya.
Menurut kalian, bagaimana sebaiknya sikap pelajar ini?
Apakah pelajar ini sebaiknya membatalkan program pertukaran budaya tersebut dan mengenali terlebih dahulu budaya nasional atau seperti apa?
Jawab: Pelajar tersebut tidak perlu membatalkan program pertukaran budaya, dia bisa belajar sambil mengenalkan budaya nasional di sekolah barunya nanti.
Pelajar tersebut bisa mencari tahu dan mempelajari budaya nasional melalui internet.
3. Banyak budaya nasional dan kearifan lokal yang terancam punah, seperti Gambang Semarangan, Terebang Gede, dan Nataki.
Baca Juga: Pemajuan Kebudayaan dalam Undang-Undang, Materi PPKn Kelas VIII Kurikulum Merdeka
Padahal, budaya nasional tersebut bisa jadi destinasi wisata menarik.
Jika kalian menjadi menteri pariwisata, apa yang kalian rencanakan dan programkan untuk memajukan budaya nasional?
Jawab: Sebagai menteri pariwisata, kita bisa melakukan beberapa hal seperti di bawah ini:
- Membuat wisata kebudayaan, seperti pergelaran budaya yang dilakukan secara rutin setiap satu minggu sekali untuk menarik wisatawan dan mengenalkan budaya nasional.
- Mengadakan perlombaan yang digemari oleh anak muda, seperti fotografi tetapi dengan tema budaya nasional di setiap daerah di Indonesia.
Hal ini akan mengundang peserta-peserta dari luar daerah untuk berkunjung mengikuti perlombaan serta berwisata.
Hasil foto-foto dari lomba juga dapat menarik rasa penasaran wisatawan terhadap budaya nasional dan asal daerahnya.
Nah, itulah pembahasan soal uji kompetensi bab 5.
---
Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP Kelas VIII Karya Muhammad Sapei, dkk., Kemdikbud.
Tonton video ini juga, yuk!
Penulis | : | Mumtahanah Kurniawati |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR