adjar.id - Setiap bilangan memiliki kelipatan, termasuk juga bilangan cacah.
Pada buku Matematika kelas IV Kurikulum Merdeka, terdapat soal Ayo Berlatih di halaman 52.
Dalam soal itu, kita diminta menjawab beberapa pertanyaan tentang kelipatan bilangan cacah, Adjarian.
Kali ini, kita akan menyimak pembahasan soal tersebut, Adjarian.
Kelipatan bilangan cacah adalah bilangan-bilangan perkalian antara suatu bilangan dengan bilangan bulat positif.
Secara sederhana, kelipatan bilangan merupakan hasil kali suatu bilangan dengan bilangan lain.
Kelipatan bilangan umumnya lebih besar atau sama dengan bilangan itu sendiri.
Hal ini terjadi karena bilangan kelipatan pertama kali dikalikan dengan 1.
Sehingga, bilangan kelipatan yang pertama adalah bilangan itu sendiri.
Suatu bilangan mempunyai kelipatan daftar bilangan yang tidak terbatas karena bilangan bisa terus dikalikan dengan bilangan bulat lainnya yang lebih besar.
Yuk, sekarang kita simak pembahasan soal Ayo Berlatih kelipatan bilangan cacah di bawah ini!
Baca Juga: Jawab Soal Ayo Berlatih Pembagian Bilangan Cacah, Materi Matematika Kelas IV SD Kurikulum Merdeka
Ayo Berlatih Kelipatan Bilangan Cacah
1. Tentukan kelipatan dari 3.
Jawaban: Kelipatan dari 3 adalah 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 27, 30, ...
2. Tuliskan bilangan-bilangan kelipatan 6 kurang dari 40.
Jawaban: Bilangan kelipatan 6 yang kurang dari 40 terdiri atas 6, 12, 18, 24, 30, dan 36.
3. Tuliskan bilangan-bilangan kelipatan 5 yang lebih dari 17 dan kurang dari 35.
Jawaban: Bilangan kelipatan 5 yang lebih dari 17 dan kurang dari 35 terdiri tadi 20, 25, dan 30.
4. Setiap 2 hari sekali Andi membeli kartu anime sebanyak 4 lembar, hitung banyak kartu anime Andi setelah 6 hari.
Jawaban: Hari ke-1 sebanyak 4 lembar.
Hari ke-3 sebanyak 8 lembar.
Hari ke-5 sebanyak 12 lembar.
Jadi, banyak kartu anime Andi setelah 6 hari adalah 12 lembar kartu anime.
Nah, itu tadi pembahasan soal Ayo Berlatih kelipatan bilangan cacah untuk referensi, Adjarian.
---
Sumber: Buku Matematika untuk SD/MI Kelas IV karya Hobri, dkk
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR