adjar.id - Terdapat soal pada buku Bahasa Indonesia kelas X Kurikulum 2013 edisi revisi 2017, bab VI, halaman 194, materi "Berdebat dengan Indah".
Kita ditugaskan untuk mengidentifikasi pendapat setiap tim dalam teks debat.
Nah, kali ini yang akan kita identifikasi adalah pendapat tim oposisi, Adjarian.
O iya, teks debat yang menjadi acuan dalam mengerjakan soal berjudul “Penyerapan Kosakata Bahasa Asing Bukti Ketidakmampuan Bahasa Indonesia dalam Interaksi dengan Bahasa Lain.”
Nah, berikut pembahasan soal tersebut.
Simak bersama-sama, yuk, untuk referensi!
Tugas 2
Bacalah teks debat “Penyerapan Kosakata Bahasa Asing Bukti Ketidakmampuan Bahasa Indonesia dalam Interaksi dengan Bahasa Lain.”
Kemudian kerjakan tugas-tugas berikut ini.
1. Identifikasikanlah pendapat dan argumen yang disampaikan masing-masing tim!
b. Tim Oposisi:
Baca Juga: Jawab Soal Buku Bahasa Indonesia Kelas X Bab VI, Identifikasi Pendapat Tim Afirmasi
- Pendapat:
Tim oposisi tidak setuju dengan pernyataan bahwa kosakata bahasa asing yang masuk ke dalam penggunaan bahasa Indonesia adalah bukti dari ketidakberdayaan bahasa Indonesia dalam interaksi antarbahasa.
- Argumen:
1. Kosakata bahasa asing yang diakui ke dalam bahasa Indonesia oleh KBBI digunakan sebagai persamaan kata agar lebih mudah dipahami.
2. Variasi kosakata bahasa Indonesia mampu digunakan untuk berinteraksi antarbahasa.
3. Dalam penggunaannya, bahasa Indonesia dimengerti dan digunakan di hampir semua kalangan sedangkan bahasa asing hanya digunakan dan dimengerti kalangan tertentu saja.
4. Eksistensi bahasa Indonesia lebih populer dibandingkan dengan kosakata bahasa asing meski banyak kosakata bahasa asing yang masuk ke dalam bahasa Indonesia.
5. Bahasa Indonesia mampu berinteraksi dengan bahasa lain tanpa bantuan dari kosakata bahasa asing.
6. Beberapa masyarakat menggunakan bahasa asing hanya karena ingin diakui memiliki pendidikan tinggi dan lebih merasa terhormat, padahal penggunaan bahasa Indonesia menunjukan jiwa nasionalis kita.
- Kekuatan:
Pendapat tim oposisi lebih menekankan kepada identitas bahasa Indonesia yang unggul dan mandiri, tidak bergantung pada bahasa lain.
Baca Juga: Jawab Soal Buku Bahasa Indonesia Kelas X Bab VI, Simpulan Pendapat Tim Netral
- Kelemahan:
Pendapat tim oposisi tersebut tidak secara menyeluruh mengingat masih banyak masyarakat yang menggunakan bahasa asing dan bahkan tidak fasih berbahasa Indonesia.
Itu dia pembahasan soal mengidentifikasi pendapat tim oposisi dalam suatu debat.
Penulis | : | Aldita Prafitasari |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR