adjar.id - Dalam kehidupan masyarakat menjalin harmoni sosial merupakan hal yang penting.
Harmoni sosial menurut Hartoyo adalah harapan yang disadari bersama dalam tatanan kehidupan masyarakat, sehingga kebutuhan tiap-tiap pihak dapat dipenuhi dengan baik.
Harmoni sosial juga bisa diartikan sebagai kondisi masyarakat ketika komponennya bersatu dan saling bekerja sama.
Pada buku Sosiologi kelas 11 Kurikulum Merdeka, terdapat soal Uji Pengetahuan Akhir di halaman 201.
Kita diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan pada soal tersebut yang berkaitan dengan harmoni sosial.
Nah, kali ini kita akan membahas soal tersebut, Adjarian. Pembahasan soal ini dapat dijadikan sebagai referensi.
Adanya harmoni sosial akan memudahkan masyarakat dalam mengatasi dan menyelesaikan konflik yang muncul.
Nah, harmoni sosial ini bisa dibangun jika ada berbagai aspek kehidupan yang terjalin dengan seimbang dan berkelanjutan.
Hal ini meliputi hubungan antarindividu, individu dengan kelompok, dan antarkelompok.
Integrasi, kohesi, dan inklusi merupakan tiga prinsip yang harus dikembangkan untuk membangun harmoni sosial.
Sekarang, simak pembahasan soal Uji Pengetahuan Akhir tentang harmoni sosial untuk nomor 6-10 berikut ini, yuk!
Uji Pengetahuan Akhir tentang Harmoni Sosial
6. Berikan rekomendasi cara yang dapat dilakukan pemuda agar mampu berperan aktif dalam kegiatan filantropi berkelanjutan sesuai dengan gagasan pada artikel!
Jawaban: Para pemuda bisa menggagas kegiatan yang tidak hanya berupa charity atau kedermawanan, tetapi bisa juga melakukan kemitraan.
Misalnya, dengan blended finance, yaitu bekerja sama dengan suatu perusahaan melalui proposal yang ditunjukan kepada perusahaan besar.
Selain itu, juga bisa melakukan kegiatan dengan pendanaan yang melibatkan masyarakat luas atau menggalang dana melalui berbagai platform digital.
7. Apakah aksi pada gambar berikut termasuk filantropi sosial yang sesuai dengan gagasan pada artikel?
Jawaban: Ya, karena termasuk ke dalam itu SDGs dan sifatnya berkelanjutan membangun lingkungan secara kemitraan dan kolaboratif.
8. Berdasarkan gambar, urutan perencanaan penerapan komponen sekolah ramah anak yang tepat adalah...
Baca Juga: Tindakan Membangun Harmoni Sosial, Materi Sosiologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka
A. Pertama, melakukan observasi tentang kebijakan, fasilitas sekolah, serta kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan. Kedua, memetakan kekuatan, peluang, kelemahan, dan ancaman berkaitan dengan sekolah. Ketiga, menyusun rencana kegiatan dalam bentuk jadwal.
B. Pertama, melakukan observasi tentang kebijakan, fasilitas sekolah, serta kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan. Kedua, menyusun rencana kegiatan dalam bentuk jadwal. Ketiga, memetakan kekuatan, peluang, kelemahan, dan ancaman berkaitan dengan sekolah.
C. Pertama, menyusun rencana kegiatan dalam bentuk jadwal. Kedua, melakukan pemetaan kekuatan, peluang, kelemahan, dan ancaman yang dimiliki sekolah. Ketiga, melakukan observasi untuk verifikasi pemetaan yang telah dilakukan.
D. Pertama, melakukan penyusunan rencana kegiatan dalam bentuk jadwal. Kedua, melakukan observasi untuk verifikasi data. Ketiga, melakukan observasi tentang kebijakan, fasilitas sekolah, serta kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan.
E. Pertama, melakukan pemetaan tentang kekuatan, peluang, kelemahan, dan ancaman yang dimiliki sekolah. Kedua, melakukan observasi untuk memverifikasi pemetaan yang telah dilakukan. Ketiga, menyusun rencana kegiatan dalam bentuk jadwal.
Jawaban: A. Pertama, melakukan observasi tentang kebijakan, fasilitas sekolah, serta kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan. Kedua, memetakan kekuatan, peluang, kelemahan, dan ancaman berkaitan dengan sekolah. Ketiga, menyusun rencana kegiatan dalam bentuk jadwal.
9. Rekomendasi aksi sosial yang tepat berdasarkan analisis SWOT tersebut adalah...
A. Menyelenggarakan pelatihan membuat bahan kerajinan dari botol-botol bekas yang bernilai guna tinggi.
B. Membuat tempat sampah dari barang-barang bekas untuk memisahkan limbah organik dan anorganik.
C. Membuat video pendek yang disebarkan melalui perkumpulan warga untuk mengedukasi cara pengelolaan sampah rumah tangga.
Baca Juga: 5 Manfaat Komunitas Sosial, Salah Satunya Memberikan Dukungan
D. Mengadakan kerja bakti yang melibatkan seluruh warga untuk membersihkan lingkungan sekitar.
E. Mengusulkan kepada perangkat desa atau pejabat terkait agar menambah petugas kebersihan.
Jawaban: C. Membuat video pendek yang disebarkan melalui perkumpulan warga untuk mengedukasi cara pengelolaan sampah rumah tangga.
10. Perhatikan garis besar kegiatan aksi sosial berikut!
1) Jadwal pelaksanaan kegiatan.
2) Gambaran mengenai kegiatan aksi sosial.
3) Tujuan dilakukannya aksi sosial.
4) Manfaat yang dapat diperoleh dari aksi sosial.
5) Strategi atau tahapan kegiatan aksi sosial.
6) Kesimpulan hasil kegiatan aksi sosial yang sudah dilaksanakan.
7) Saran perbaikan yang perlu dilakukan dalam aksi sosial selanjutnya.
Baca Juga: 3 Metode Penerapan Sosiologi dalam Pemecahan Masalah Sosial
Kegiatan yang perlu dijelaskan di bagian pendahuluan pada laporan ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 2), dan 5)
D. 2), 3), dan 4)
E. 2), 3), dan 5)
Jawaban: D. 2), 3), dan 4)
Nah, itulah pembahasan soal Uji Pengetahuan Akhir tentang Harmoni Sosial nomor 6-10.
---
Sumber: Buku Sosiologi untuk SMA Kelas XI karya Joan Hesti Gita Purwasih dan Seli Septiana Pratiwi.
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR