adjar.id - Pada buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 10 edisi revisi 2015, terdapat soal pengertian wawasan nusantara di halaman 194.
Dalam soal tersebut ada beberapa pertanyaan dari Gambar 7.1 Indonesia tentang wawasan nusantara pada bangsa Indonesia.
Artikel kali ini akan membahas soal tersebut yang bisa menjadi referensi.
Wawasan nusantara pada dasarnya merupakan cara pandang terhadap bangsa sendiri, Adjarian.
Wawasan nusantara ini mencakup semua aspek kehidupan yang utuh sampai tidak bisa dipisahkan sesuai dengan kepentingan.
Nah, menurut GBHN 1998, wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Wawasan nusantara sebagai wawasan nasional Indonesia pada hakikatnya merupakan perwujudan dari kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan pertahanan dan keamanan.
Selain itu, wawasan nusantara merupakan cerminan dari kepentingan dan tujuan yang sama, yaitu terpeliharanya persatuan dan kesatuan bangsa dan wilayah Indonesia.
Jadi, wawasan nusantara menjadi pola yang mendasari cara berpikir, bersikap, dan bertindak dalam rangka menangani permasalahan masyarakat dan bangsa.
O iya, hakikat wawasan nusantara adalah keutuhan nusantara dalam pengertian cara pandang yang selalu utuh dalam lingkup nusantara untuk kepentingan nasional.
Sekarang mari kita simak pembahasan soal pengertian wawasan nusantara dari Gambar 7.1 berikut ini!
Baca Juga: Penerapan Wawasan Nusantara dalam Bidang Politik, Ekonomi, Sosial, Pertahanan dan Keamanan
Pengertian Wawasan Nusantara dari Gambar 7.1
1. Mengapa mereka ingin tetap mewujudkan Indonesia kokoh dalam persatuan, padahal bangsa Indonesia berbeda-beda?
Jawaban: Mereka ingin tetap mewujudkan Indonesia kokoh dalam persatuan karena adanya keyakinan yang kuat bahwa persatuan akan menjadikan hidup lebih sejahtera.
Selain itu, persatuan juga dapat membuat hidup menjadi lebih harmonis.
Tanpa adanya persatuan, maka keberagaman yang ada di Indonesia akan menjadi pemisah, menciptakan kelompok-kelompok yang rawan berselisih dan berkonflik.
2. Coba tuliskan contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah kalian yang dapat merugikan persatuan dalam konteks wawasan nusantara?
Jawaban: Contoh kasus yang terjadi di lingkungan sekolah dan bisa merugikan persatuan dalam konteks wawasan nusantara, yaitu pilih-pilih dalam berteman.
Hal ini akan menyebabkan adanya kesenjangan bagi teman-teman yang berbeda latar belakang, seperti agama, budaya, dan sebagainya.
Adanya perilaku ini sangat bertentangan dengan wawasan nusantara.
3. Upaya apakah yang harus dilakukan untuk menjaga wawasan nusantara?
Jawaban: Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga wawasan nusantara, yaitu dengan mengenalkan konsep tersebut kepada masyarakat sejak dini.
Baca Juga: Jawab Soal Tabel 7.1 Contoh Keberhasilan Pelaksanaan Asas Wawasan Nusantara
Selain itu, juga adanya tekad yang kuat untuk memperkuat rasa toleransi di tengah masyarakat yang berbeda-beda di Indonesia.
Sehingga, sikap baik lainnya juga dapat muncul demi mendukung wawasan nusantara.
4. Apakah kalian termasuk orang yang mampu menghindari dari sikap atau perbuatan yang dapat merugikan persatuan?
Jawaban: Iya, karena saya mempunyai keyakinan kuat bahwa hanya dengan persatuan maka kehidupan masyarakat akan lebih sejahtera dan harmonis.
5. Bagaimana pendapat kalian melihat orang yang berperilaku dan bersikap merugikan persatuan dan kesatuan bangsa?
Jawaban: Menurut saya, saya akan menentang perilaku tersebut dengan cara memberikan teguran dan teladan tentang cara bersikap yang baik.
Jika tindakan yang dilakukan sudah berlebihan, bahkan sampai melanggar hak orang lain, maka saya akan melaporkan hal tersebut ke pihak yang berwenang.
Nah, itu tad pembahasan soal pengertian wawasan nusantara dari Gambar 7.1.
---
Sumber: Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Edisi Revisi 2015.
Tonton juga video berikut ini, yuk!
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR