adjar.id - Dalam buku Sejarah Indonesia kelas 11 semester 2 edisi revisi 2017, terdapat soal Latih Ulangan Akhir Bab di halaman 72.
Pada soal tersebut, terdapat beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan pendudukan Jepang di Indonesia.
Nah, kali ini kita akan membahas soal tersebut, Adjarian. Pembahasan soal ini dapat dijadikan sebagai referensi.
Jepang pertama kali mendarat di Indonesia pada 12 Januari 1942 tepatnya di Daerah Tarakan, Kalimantan Timur.
Setelah berhasil menguasai Tarakan, Jepang kemudian menyerbu daerah Sumatra dan pada Maret 1942, Jepang melakukan serangan ke Jawa.
Pendaratan Jepang di Jawa terjadi pada 1 Maret, tepatnya di tiga tempat, yaitu Banten, Indramayu, dan Bojonegoro.
Sampai akhirnya, pada 5 Maret 1942, Batavia jatuh ke tangan Jepang dan berhasil juga menguasai Bogor atau Buitenzorg.
Kemudian pada 8 Maret 1942, komandan pasukan Belanda menandatangani penyerahan tidak bersyarat kepada Jepang yang diwakili oleh Jenderal Imamura.
Awal kedatangan Jepang ke Indonesia disambut dengan senang hati oleh rakyat Indonesia.
Pada saat itu Jepang dielu-elukan sebagai Saudara Tua yang telah membebaskan Indonesia dari Belanda.
Tentara Jepang juga melakukan propaganda dengan berkata bahwa kedatangan Jepang untuk membebaskan rakyat Indonesia.
Baca Juga: Jawab Soal Latih Uji Kompetensi Akibat Pendudukan Jepang
Latih Ulangan Akhir Bab tentang Pendudukan Jepang
1. Mengapa Jepang tampak begitu mudah memasuki Kepulauan Indonesia secara merata?
Jawaban: Jepang lebih mudah masuk karena pada awalnya Jepang tidak seperti Belanda yang langsung menunjukkan kekuatannya.
Awalnya Jepang melakukan propaganda untuk menarik simpati rakyat Indonesia.
Jepang berjanji akan membantu Indonesia untuk mengalahkan Belanda dan akan memberikan bantuan kemerdekaan.
Selain itu, rakyat Indonesia juga menganggap Jepang sebagai saudara tua yang akan membebaskannya dari Belanda.
2. Mengapa dibentuk pemerintahan militer di Sumatra, Jawa, dan juga Indonesia bagian timur?
Jawaban: Dibentuknya pemerintahan militer di Indonesia bertujuan agar semua kegiatan masyarakat yang tidak kooperatif dapat terkontrol oleh Jepang.
Selain itu, pemerintahan militer ini dibuat untuk memperkuat pertahanan Jepang saat melawan Sekutu.
3. Apa maksud program "Pan Asia" dan apa hubungannya dengan ajaran Hakko ichiu?
Jawaban: Pan Asia merupakan ideologi yang mempromosikan persatuan politik, ekonomi, dan kerja sama masyarakat Asia.
Baca Juga: Macam-Macam Organisasi Sosial Masyarakat Masa Pendudukan Jepang
Ideologi ini memiliki hubungan dengan slogan Hakko ichiu yang dimiliki oleh Jepang.
Hakko ichiu merupakan slogan persaudaraan universal yang digunakan Jepang untuk membuat kawasan kemakmuran bersama di Asia Timur Raya dalam Perang Dunia II.
4. Mengapa dibentuk putera dan apa tujuannya?
Jawaban: Putera adalah sebuah organisasi yang dibentuk oleh pemerintah Jepang di Indonesia.
Pembentukan Putera ini bertujuan untuk membangun hal-hal yang sudah dihancurkan oleh Belanda.
Selain itu, Jepang membentuk Putera untuk melakukan propaganda lewat jalur sosial dan ekonomi.
Sehingga, kelompok nasionalis dan intelektual mau memberikan pemikiran dan tenaganya untuk membantu Jepang melawan Sekutu.
Meski begitu, bagi bangsa Indonesia Putera mempunyai ikatan yang erat dengan gerakan BPUPKI dan kemerdekaan Indonesia.
5. Mengapa dibentuk Barisan Pelopor, apa tujuannya?
Jawaban: Barisan Pelopor adalah sayap muda dari Jawa Hokokai yang dibentuk pada bulan Agustus 1944.
Barisan Pelopor dibentuk untuk memberikan pelatihan dan pendidikan bagi para pemuda di Indonesia.
Baca Juga: Jawab Soal Sifat Pendudukan Jepang di Indonesia
Akan tetapi, ada maksud tersembunyi dari pembentukan Barisan Pelopor, salah satunya untuk mendapatkan tenaga cadangan demi mendukung kemenangan Jepang di Perang Dunia II.
6. Jelaskan yang dimaksud dengan Ekonomi Perang?
Jawaban: Ekonomi Perang adalah suatu kebijakan yang dibuat Jepang untuk memenuhi kebutuhan perang di bidang ekonomi.
Ekonomi Perang merupakan suatu perang yang dilakukan dengan menggunakan cara ekonomi untuk menghancurkan lawan.
Misalnya dengan melakukan pencegahan pembelian bahan strategis, blokade, dan pengucilan dari kegiatan ekonomi.
7. Pada zaman Jepang, keadaan pendidikan dan aktivitas di bidang perkebunan mengalami kemerosotan.
Mengapa hal itu bisa terjadi? Coba lakukan telaah kritis!
Jawaban: Pendidikan dan aktivitas di bidang perkebunan pada zaman Jepang mengalami kemerosotan karena adanya kebijakan baru dari Jepang.
Jepang hanya memperbolehkan masyarakat menanam tumbuhan tertentu, seperti lada, jarak, dan tanaman tertentu lainnya.
Selain itu, masyarakat Indonesia yang boleh sekolah hanyalah masyarakat yang berasal dari kalangan bangsawan.
8. Jelaskan dampak dari berbagai kebijakan Jepang itu terhadap kehidupan masyarakat!
Baca Juga: Organisasi Semimiliter pada Masa Pendudukan Jepang di Indonesia
Jawaban: Dampak dari berbagai kebijakan Jepang terhadap kehidupan masyarakat, di antaranya:
- Membuat rakyat menderita dan tersiksa karena adanya kebijakan kerja paksa atau romusha.
- Rakyat Indonesia tidak bisa melakukan kegiatan belajar-menngajar.
- Memburuknya situasi ekonomi Indonesia.
- Rusaknya tanah pertanian karena kebijakan Jepang yang tidak memerhatikan jenis tanaman dan musim.
9. Jelaskan tentang perlawanan Rakyat Papua terhadap kekejaman Jepang!
Jawaban: Perlawanan rakyat Papua terhadap jepang dilakukan di beberapa daerah, di antaranya:
- Perlawanan rakyat di Biak tahun 1944 yang dilatarbelakangi oleh penderitaan rakyat akibat perbudakan.
- Perlawanan rakyat di Pulau Yapen Selatan dengan bantuan persenjataan dari Sekutu.
- Perlawanan rakyat di Tanah Besar dekat irian yang dipimpin Simson.
- Secara umum dalam perlawanan rakyat Irian Jaya, terjadi hubungan kerja sama antara pasukan penyusup Sekutu dengan gerilyawan.
Baca Juga: Periode Masa Pendudukan Jepang, Proklamasi, serta Kemerdekaan
10. Nilai-nilai apa yang dapat kamu peroleh setelah belajar tentang sejarah pendudukan Jepang di Indonesia?
Jawaban: Nilai-nilai yang bisa didapatkan dari sejarah pendudukan Jepang di Indonesia di antaranya:
- Menjadikan sejarah sebagai motivasi untuk memperbaiki jati diri bangsa.
- Tidak mudah menyerah dan selalu optimis dalam melaksanakan kegiatan.
- Lebih menghargai pendidikan bagi pelajar sehingga bisa lebih semangat bersekolah.
Nah, itulah pembahasan soal Latih Ulangan Akhir Bab tentang pendudukan Jepang.
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR