adjar.id - Kali ini kita akan kembali membahas soal seputar mengidentifikasi fakta dan opini dalam ruang bincang.
Soal tersebut ada di dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka kelas VII, halaman 201.
Adapun ruang bincang yang akan kita simak kali ini adalah tentang tim dura Adiwiyata SMP negeri 13.
Mereka berbincang melalui aplikasi WhatsApp.
Pada grup tersebut, mereka sedang merencanakan aksi-aksi yang akan direalisasikan untuk mendukung program Adiwiyata.
Setiap anggota menyumbangkan pemikirannya, baik dalam bentuk fakta maupun opini.
Nah, tugas kita adalah mengelompokkannya menjadi fakta dan opini.
Simak bersama, yuk!
Kegiatan 9: Membandingkan Informasi di Ruang Bincang
Kalian telah mencoba memberikan ide untuk Tim Duta Adiwiyata SMP Negeri 13.
Kalian akan mempertimbangkan setiap saran yang sesuai dengan situasi yang kalian hadapi.
Salah satu cara untuk membuat keputusan adalah dengan memilah fakta dan opini dari saran-saran tersebut. Kalian dapat mengelompokkan fakta dan opini tersebut pada tabel berikut.
Tabel 6.10 Identifikasi Fakta dan Opini Tim Duta Adiwiyata
1. Nama penanggap: Dirly
- Fakta: Banyaknya sampah di sekolah.
- Opini: -
2. Nama penanggap: Vini
- Fakta: -
- Opini: Saya yakin mereka akan membacanya.
3. Nama penanggap: Tata
- Fakta: Tidak semua pedagang memiliki tempat sampah, tempat pembuangan cukup jauh.
- Opini: -
4. Nama penanggap: Lintang
- Fakta: -
- Opini: Membuat poster yang berisi tentang cara membuang sampah atau bahaya sampah.
5. Nama penanggap: Agung
- Fakta: Sampah basah dan kering tetap tercampur.
- Opini: Kurang sosialisasi.
Nah, demikianlah pembahasan soal bahasa Indonesia mengidentifikasi fakta dan opini dalam ruang bincang.
Penulis | : | Jestica Anna |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR