adjar.id - Terdapat soal seputar analisis penokohan pada cerpen berjudul “Hatarakibachi” karya Awit Radiani.
Soal tersebut ada di dalam buku Bahasa Indonesia Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka, Bab 4, halaman 116, materi "Menulis Puisi yang Menginsipirasikan Adanya Kesempatan untuk Semua".
Tugas kita ialah menjelaskan tokoh utama dan tokoh pendukung cerpen tersebut beserta penokohannya.
Nah, berikut pembahasan soal tersebut untuk referensi. Yuk, simak!
Kegiatan 3
Menjawab pertanyaan cerpen “Hatarakibachi” karya Awit Radiani.
Untuk lebih memahami tokoh, penokohan, tema, dan pesan dalam cerpen di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
2. Temukan tokoh utama dan tokoh pendukung dalam cerpen di atas.
Kemudian, jelaskan mengenai tokoh dan penokohannya dalam tabel berikut.
1. Tokoh: Nina
Penokohan: Tokoh utama.
Baca Juga: Jawab Soal Bahasa Indonesia Kelas XI Bab 4 Kurikulum Merdeka, Kegiatan 3 No. 1 'Hatarakibachi'
Seniman muda asal Indonesia yang memiliki sifat baik, penyayang, ramah terhadap orang lain, mudah bergaul, suka bercanda, dan pintar.
2. Tokoh: Satoshi
Penokohan: Tokoh pendukung.
Orang Jepang yang menjadi panitia kongres seni budaya yang memiliki sifat baik, giat bekerja, tetapi mudah dipengaruhi.
3. Tokoh: Endo
Penokohan: Tokoh pendukung.
Orang jepang yang bekerja sebagai perupa yang menderita asperger syndrome.
Aspeger syndrome adalah penyakit yang senang menyendiri dan suka melakukan hal eksentrik.
Endo adalah sosok yang baik, giat berkerja, dan juga pintar merayu.
Endo juga merupakan seseorang yang terobsesi dengan serangga.
Nah, itulah pembahasan soal seputar analisis penokohan cerpen berjudul “Hatarakibachi” karya Awit Radiani.
Penulis | : | Aldita Prafitasari |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR