adjar.id – Tahukah Adjarian apa saja fungsi utama kemasan?
Kemasan merupakan salah satu komponen yang penting bagi suatu produk.
Kemasan biasanya bentuknya disesuaikan dengan produk yang akan ditawarkan kepada konsumen.
Kemasan ini memiliki beberapa fungsi utama.
O iya, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kemasan adalah bungkus pelindung barang dagangan (niaga).
Kemasan menjadi wadah yang digunakan untuk meningkatkan fungsi dan nilai dari suatu produk yang dijual.
Kemasan ini sangat beragam bentuknya, ada yang berupa kardus, bungkus plastik, kertas, botol, dan berbagai bentuk lainnya.
Seiring dengan berkembangnya zaman, kemasan suatu produk juga mengalami perkembangan.
Misalnya, pada zaman dahulu, kemasan dibuat secara sederhana karena hanya memperhatikan fungsi utamanya sebagai wadah.
Adanya kemajuan teknologi, membuat kemasan saat ini dibuat dengan beragam bentuk sampai yang bersifat ramah lingkungan.
Nah, berikut fungsi utama kemasan.
Baca Juga: Jangan Sembarang Pakai, Pahami Macam-Macam Kode pada Kemasan Plastik
Fungsi Utama Kemasan
Setidaknya ada tiga fungsi utama kemasan, yaitu:
1. Fungsi Pelindung
Fungsi pertama kemasan adalah sebagai pelindung agar produk bisa terjaga dari kerusakan.
Kerusakan yang bisa terjadi pada suatu produk dapat berupa kerusakan fisik, kimiawi, mikrobiologis, ataupun mekanik.
Nah, sebagai pelindung, kemasan juga dapat mencegah terjadinya kerusakan saat disimpan di gudang atau proses pendistribusian barang kepada konsumen.
Kompenen pelindung yang digunakan sebagai bahan dasar kemasan ini umumnya akan disesuaikan dengan produk yang dibuat.
2. Fungsi Identitas
Kemasan suatu produk memiliki fungsi utama sebagai identitas dari produk yang dijual.
Identitas dari kemasan akan berhasil jika konsumen melihat produk dan menyadari identitas produk pada kemasannya.
Identitas ini bisa berupa warna kemasan, logo, nama merek, dan spesifikasi tentang produk yang dijual.
Baca Juga: Cara Menyimpan Susu Kemasan Setelah Dibuka, Bisa Awet hingga 7 Hari
3. Fungsi Promosi
Kemasan juga memiliki fungsi utama sebagai media promosi, Adjarian.
Pembuatan kemasan yang lebih informasi, akan menarik perhatian dan minat dari konsumen saat melihat produk tersebut.
Misalnya, pada kemasan produk minuman, bisa ditambahkan merek atau logo yang membedakan produk tersebut dengan produk lainnya.
Nah, itu tadi, tiga fungsi utama kemasan, yaitu fungsi pelindung, fungsi identitas, dan fungsi promosi.
Coba Jawab! |
Apa yang dimaksud dengan fungsi identitas pada kemasan? |
Petunjuk: Cek halaman 1. |
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR