adjar.id – Interaksi sosial yang terjadi di masyarakat bisa menyebabkan berbagai hal, salah satunya persaingan.
Persaingan terjadi saat orang perorang atau kelompok manusia bersaing untuk mendapatkan keuntungan melalui bidang-bidang tertentu.
Hal ini dilakukan dengan cara menarik perhatian publik tanpa menggunakan kekerasan atau ancaman, Adjarian.
Nah, kali ini kita akan membahas mengenai bentuk dan fungsi persaingan dalam interaksi sosial yang menjadi materi sosiologi kelas 10 SMA.
O iya, interaksi sosial adalah hubungan timbal balik yang dinamis antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.
Interaksi sosial ini bisa menciptakan terjadinya kerja sama, pertikaian, ataupun persaingan.
Interaksi sosial melibatkan proses-proses sosial yang bermacam-macam, yang menyusun unsur-unsur dinamis dari masyarakat.
Jadi, interaksi sosial ini bisa dikatakan merupakan proses yang fundamental dalam masyarakat, Adjarian.
Interaksi sosial dapat terjadi di berbagai tempat, seperti di pasar, sekolah, kantor, tempat bermain, dan lain sebagainya.
Berikut penjelasan mengenai bentuk dan fungsi persaingan dalam interaksi sosial.
“Persaingan merupakan orang-orang atau kelompok yang saling bersaing untuk mencari keuntungan.”
Baca Juga: Apa Saja Bentuk Interaksi Sosial di Masyarakat?
Bentuk Persaingan dalam Interaksi Sosial
Terdapat beberapa bentuk persaingan yang terjadi dalam interaksi sosial, di antaranya:
1. Persaingan di Bidang Ekonomi
Dilihat dari persaingan di bidang ekonomi, persaingan muncul karena terbatasnya penawaran dibandingkan dengan permintaan.
Persaingan adalah salah satu cara untuk memilih produsen-produsen yang baik.
Bagi masyarakat, sebagai keseluruhan persaingan ini membawa keuntungan.
Hal ini karena produsen-produsen yang terbaik memenangkan persaingan dengan produksi barang yang bagus dan harga yang rendah.
2. Persaingan untuk Mencapai Suatu Kedudukan
Dalam diri seseorang ataupun kelompok manusia terdapat keinginan-keinginan yang diakui sebagai seseorang atau kelompok yang memiliki kedudukan tersebut.
Keinginan tersebut bisa terarah pada suatu persamaan derajat, kedudukan, dan peranan dengan pihak lain atau lebih tinggi dari itu.
“Persaingan terdiri dari berbagai bentuk, salah satunya persaingan di bidang ekonomi yang dilakukan oleh para produsen.”
Baca Juga: 6 Faktor Pendorong Terjadinya Interaksi Sosial
3. Persaingan Bidang kebudayaan
Persaingan dalam bidang kebudayaan bisa menyangkut tentang bidang keagamaan, institusi sosial, dan lain sebagainya.
Misalnya, saat kebudayaan Barat yang dibawa orang-orang Belanda pada akhir abad ke-15 harus berhadapan dengan kebudayaan Indonesia.
4. Persaingan Karena Perbedaan Ras
Persaingan karena perbedaan ras merupakan bentuk persaingan yang terjadi dalam bidang kebudayaan.
Perbedaan ras terjadi karena adanya perbedaan warna kulit, corak rambut, dan lain sebagainya merupakan bentuk perlambangan dari perbedaan dalam kebudayaan.
Hal ini disebabkan karena ciri-ciri badaniah lebih mudah dilihat daripada unsur-unsur kebudayaan lainnya.
“Persaingan dalam bidang kebudayaan menyangkut berbagai bidang, mulai dari bidang keagamaan, institusi sosial, dan lainnya.”
Fungsi Persaingan dalam Interaksi Sosial
Fungsi-fungsi persaingan yang terjadi dalam interaksi sosial, di antaranya:
1. Persaingan memiliki fungsi sebagai suatu proses sosial dan membentuk interaksi dalam masyarakat.
Baca Juga: Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Pembentukan Lembaga Sosial
2. Persaingan dalam batas-batas tertentu bisa menuntut pengaturan tingkah laku individu agar terjadi persaingan yang sehat.
3. Persaingan dapat mendorong individu dan kelompok untuk lebih maju.
4. Persaingan dapat memiliki daya dorong yang terbatas karena ketidakinginan seseorang untuk terlibat dalam persaingan.
Nah, itulah Adjarian, bentuk dan fungsi persaingan dalam interaksi sosial di masyarakat.
Coba Jawab! |
Apa saja bentuk-bentuk persaingan dalam interaksi sosial? |
Petunjuk: Cek halaman 2 dan 3. |
Tonton juga video ini, yuk!
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | AdjarID |
KOMENTAR