adjar.id – Adjarian, tahu fungsi manajemen pemasaran?
Manajemen pemasaran merupakan salah satu bidang manajemen.
Manajemen adalah sekelompok orang yang bekerja sama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu.
Nah, kali ini kita akan membahas mengenai beberapa fungsi dari manajamen pemasaran yang menjadi materi ekonomi kelas 12 SMA.
O iya, manajemen pemasaran adalah kegiatan manajeman yang berusaha untuk mengidentifikasi apa yang dibutuhkan konsumen dan bagaimana mewujudkannya.
Manajemen pemasaran ini menjadi bidang manajemen yang sangat dibutuhkan dalam semua bisnis.
Manajemen pemasaran bertugas untuk mengalisis dan mengukur proses pemasaran yang dilakukan perusahaan atau organisasi.
Adanya manajemen pemasaran bisa membantu perusahaan untuk mencapai target pasar yang diinginkan sehingga mendapat lebih banyak konsumen.
Lalu, apa saja fungsi manajemen pemasaran?
Yuk, kita cari tahu bersama-sama, Adjarian!
“Pentingnya pemasaran sebuah brand bagi perusahaan membuat munculnya manajemen pemasaran.”
Baca Juga: Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
Fungsi Manajemen Pemasaran
Berikut ini beberapa fungsi dari manajemen pemasaran dalam sebuah perusahaan, di antaranya:
1. Analisis Pasar
Tidak semua perusahaan memiliki bagian pemasaran dan penjualan yang formal.
Akan tetapi, setiap perusahaan pasti memiliki dan melaksanakan elemen-elemen penting dalam aktivitas pemasaran dan penjulan.
Tujuannya agar membuat kkonsumen yang baru atau lama tertarik untuk menggunakan produk atau fasilitas yang ditawarkan.
Nah, untuk mengetahui ancaman, kebutuhan, dan keinginan konsumen maka diperlukan analisis pasar yang dilakukan oleh manajemen pemasaran.
2. Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar ke dalam berbagai kelompok yang berbeda.
Adanya segmentasi pasar ini membuat kegiatan pemasaran bisa dilakukan lebih terarah dan sumber daya di bidang pemasaran bisa dimanfaatkan dengan lebih efisien dan efektif.
“Ada beberapa syarat segmentasi pasar, di antaranya bisa diukur, bisa dilaksanakan, dan bisa dicapai.”
3. Menetapkan Sasaran Pasar
Menetapkan sasaran pasar artinya memberikan nilai keaktifan pada setiap bagian yang kemudian memilih satu atau lebih dari bagian pasar untuk diberikan pelayanan.
Kegiatan menetapkan sasaran pasar meliputi evaluasi bagian pasar, sasaran dan sumber daya yang dimiliki, serta struktural yang menarik.
4. Pembelanjaan
Adanya manajemen pemasaran berfungsi untuk mendapatkan modal, baik dai sumber intern maupun ekstern.
5. Penangungan Risiko
Penanggungan risiko adalah fungsi menghindari dan mengurangi risiko yang berkaitan dengan pemasaran barang.
6. Mengumpulkan Informasi Pasar
Manajemen pemasaran memiliki fungsi untuk mengumpulkan informasi pasar, baik dari macam, jumlah, barang yang dibutuhkan konsumen, maupun harga.
Nah, itu tadi Adjarian, beberapa fungsi manajemen pemasaran dalam sebuah perusahaan, salah satunya analisis pasar.
Coba Jawab! |
Apa yang dimaksud dengan manajemen pemasaran? |
Petunjuk: Cek halaman 1. |
Baca Juga: Jawab Soal Lembar Aktivitas 12: Post Test Manajemen, Materi Ekonomi Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Nabil Adlani |
KOMENTAR