adjar.id - Pada buku Matematika SD kelas 4 Kurikulum Merdeka halaman 64 dan 65 terdapat soal tentang pecahan dengan penyebut sama.
Pecahan dengan penyebut sama merupakan salah satu jenis pecahan.
Pecahan adalah bilangan dalam matematika yang terdiri dari penyebut dan pembilang.
Pecahan dituliskan dalam bentuk a/b (a per b).
Nah, a adalah pembilang dan b adalah penyebut.
Ada jenis pecahan yang memiliki penyebut sama dan pecahan dengan penyebut yang tidak sama, Adjarian.
Pecahan dengan penyebut sama lebih mudah dibandingkan daripada pecahan dengan penyebut tidak sama.
Itu karena cara membandingkan pecahan bisa dilakukan jika kedua pecahan atau lebih memiliki nilai penyebut yang sama.
Setelah pecahan memiliki penyebut yang sama, selanjutnya kita perlu melihat nilai pembilang.
Nilai pembilang yang lebih besar maka lebih besar juga nilai pecahan dan begitu pun sebaliknya.
Sekarang kita bandingkan pecahan pada soal-soal tersebut, yuk!
Baca Juga: Macam-Macam Bentuk Pecahan, Materi Matematika SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka
Soal Pecahan dengan Penyebut Sama Halaman 64 dan 65
Isilah titik-titik di bawah ini dengan bilangan pecahan yang sesuai dengan gambar serta notasi lebih dari ( > ) atau kurang dari ( < ).
Jawab: 2/4 > 1/4
Jawab: 2/6 < 4/6
Jawab: 5/6 > 3/6 > 1/6
4. Isilah titik-titik berikut dengan notasi ">" atau "<"!
a. 1/5 < 3/5
b. 2/4 < 3/4
Baca Juga: Cara Mudah Membandingkan Pecahan Sederhana, Matematika Kelas 3 SD
c. 3/8 > 2/8
d. 5/10 > 2/10
e. 11/13 < 12/13
5. Asep mempunyai tongkat sepanjang 3/6 meter. Azizah mempunyai tongkat sepanjang 2/6 meter. Bandingkan panjang tongkat keduanya. Tongkat siapakah yang lebih panjang?
Jawab: Tongkat milik Asep lebih panjang dibanding tongkat Azizah.
Itulah pembahasan soal pecahan dengan penyebut sama pada buku Matematika SD kelas 4 Kurikulum Merdeka halaman 64 dan 65.
Tonton video ini, yuk!
Penulis | : | Atika Mayasari |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR