adjar.id - Kali ini kita akan mempelajari jenis-jenis media massa, Adjarian.
Jenis media massa yang akan kita pelajari adalah media massa periodik dan media massa nonperiodik.
Dalam ilmu komunikasi dikenal sejumlah saluran komunikasi untuk menyampaikan pesan kepada orang lain.
Upaya tersebut biasanya terbagi menjadi dua, yaitu penyampaian pesan menggunakan media dan tanpa media.
Nah, kali ini kita akan membahas tentang penyampaian pesan atau berita menggunakan media massa.
Jika dilihat dari saluran dan waktu penyampaiannya, media massa terbagi menjadi dua, yaitu media massa periodik dan media massa nonperiodik.
Apa yang dimaksud dengan media massa periodik dan media massa nonperiodik?
Apa perbedaan keduanya?
Yuk, kita carai tahu!
Baca Juga: Fungsi Media Massa dan Efek Pemanfaatan Media Massa
Perbedaan Media Massa Periodik dan Media Massa Nonperiodik
1. Media Massa Periodik
Media massa periodik adalah media yang terbit secara teratur pada waktu-waktu yang telah ditentukan sebelumnya.
Adapun media massa periodik terbagi atas dua jenis, yaitu:
Contoh dari media cetak antara lain ialah surat kabar dan majalah.
Surat kabar mempunyai dua fungsi umum.
Pertama, surat kabar merupakan sumber informasi tentang apa yang sedang terjadi di dunia dan daerah setempat.
Nah, fungsi yang kedua adalah untuk menghibur.
Baca Juga: Mengenal Teks Editorial: Pengertian, Struktur, dan Kaidah Kebahasaannya
Sedangkan majalah adalah media yang bersifat khusus, yakni ditujukan kepada kelompok khalayak yang khusus dan relatif terbatas
Media massa elektronik berupa televisi dan radio. Televisi adalah media yang besar dan populer.
Televisi memiliki sifat audio visual, maksudnya ialah dapat didengar dan dapat dilihat.
O iya, televisi merupakan salah satu medium favorit bagi para pemasang iklan.
Media televisi merupakan industri yang padat modal, padat teknologi, dan padat sumber daya manusia.
Namun, munculnya berbagai stasiun televisi di Indonesia tidak diimbangi dengan
tersedianya sumber daya manusia yang memadai.
Radio merupakan salah satu media komunikasi massa yang sifatnya hanya bisa didengar saja.
Radio memiliki kemampuan untuk menstimulasi imajinasi pendengar dan fleksibelitasnya
dalam penyajian informasi denagn beragam bentuk sajian.
Baca Juga: Profesi Jurnalis: Peran, Tanggung Jawab, serta Jenjang Karier
2. Media Massa Nonperiodik
Media massa nonperiodik merupakan media massa yang bersifat sementara.
Sifat media massa ini tergantung pada peristiwa yang diselenggarakan.
Contoh media massa nonperiodik di antaranya adalah rapat, seminar, workshop, dan lain-lain.
Nah Adjarian, itulah penjelasan tentang perbedaan media massa periodik dan media massa nonperiodik.
Tonton video ini, yuk!
Penulis | : | Aldita Prafitasari |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR