adjar.id - Sederhananya, hotelier adalah pemilik atau pengelola hotel.
Nah, untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik, seorang hotelier harus memiliki sejumlah keterampilan.
Apa saja keterampilan yang harus dimiliki seorang hotelier?
Sama seperti profesi pekerjaan lainnya, untuk menjadi seorang hotelier ada keterampilan khusus yang harus dimiliki.
Dengan keterampilan yang mumpuni, nantinya hotelier bisa menghadapi berbagai tantangan yang ada.
Salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh seorang hotelier adalah persaingan bisnis di daerah sekitar hotel.
"Salah satu tantangan utama yang sudah sering kali kita hadapi setiap harinya adalah perang harga antara satu hotel dengan hotel lainnya. Apalagi seperti di masa pandemi COVID-19, jumlah tamu yang datang ke daerah Candidasa, Bali, sangat minim. Bahkan, bisa dikatakan belum banyak. Semua hotel pun melakukan promosi dengan potongan harga yang besar," ungkap Reni Anggraeni, Hotelier At The Beach Hotel Bali, saat diwawancara tim adjar.id.
Nah, saat menghadapi tantang semacam ini, seorang hotelier harus memiliki kemampuan dalam menganalisa masalah.
Dengan begitu, hotelier bisa mengatasi masalah dan melewati tantangan dengan baik.
Baca Juga: Mengenal Jurusan Pariwisata, Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya
Keterampilan yang Harus Dimiliki Hotelier
1. Ketulusan dan Keramahan
Menurut Reni Anggraeni, ada sejumlah keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang hotelier.
"Selain keterampilan yang didapat sewaktu kita sekolah perhotelan, seorang hotelier membutuhkan ketulusan, kesabaran, dan kepribadian yang ramah untuk menjadi seorang hotelier sejati," tutur Reni.
Reni juga menambahkan, "Terkadang, masalah di dalam perhotelan bermunculan di waktu yang bersamaan dan membutuhkan keputusan yang cepat dan tepat. Oleh karena itu, kita membutuhkan kesabaran dan sikap yang bijaksana."
Nah, selain memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah, seorang hotelier juga diharuskan untuk memiliki keramahan dan ketulusan setiap harinya, Adjarian.
Dengan memiliki dua sikap ini, tentunya akan memberikan kebanggaan bagi diri sendiri dan juga tim.
2. Komunikasi yang Baik
Komunikasi adalah hal yang sangat penting di dunia profesional.
Baca Juga: Profesi Koki (Chef): Peran, Tanggung Jawab, dan Jenjang Karier
Seorang hotelier tidak hanya harus memiliki komunikasi yang baik dengan para tamu, tapi juga dengan tim yang dipimpin.
"Selain memiliki hubungan komunikasi yang baik dengan tamu, hotelier juga wajib memiliki komunikasi yang baik dengan timnya.
Hal ini sangat perlu, sebab dengan memiliki komunikasi yang baik, kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan benar.
Seperti yang kita ketahui, komunikasi yang buruk, tentunya dapat menyebabkan kesalahan," ungkap Reni.
"Saya selalu mencoba untuk dekat dengan karyawan. Pola manejemen yang saya gunakan adalah kekeluargaan, sebab bagi saya ini adalah pola yang paling efektif. Akan tetapi, tetap ada jarak dan tetap profesional di saat jam kerja berlangsung," imbuh Reni.
3. Memberikan Pelayanan Terbaik
Hotel merupakan salah satu contoh kegiatan ekonomi yang bergerak di bidang jasa.
Oleh karena itu, hotelier wajib memberikan pelayanan yang baik kepada tamu yang menginap.
Dengan memberikan pelayanan yang terbaik, tentunya tamu akan datang kembali untuk menginap di hotel.
Baca Juga: Mengenal Profesi Hubungan Masyarakat (HUMAS) di dalam Dunia Kerja
"Kami mencoba untuk mengingat hal yang disuka atau kebiasaan para tamu. Pay attention to details adalah hal yang baik, kita juga jadi lebih mengenal tamu lebih dalam lagi," ungkap Reni.
Tantangan Hotelier
1. Persaingan yang Ketat
Di masa pandemi COVID-19 seperti ini, salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh bidang pariwisata adalah minimnya wisatawan dunia yang berkunjung.
Hal ini tentunya sangat berdampak pada hotel-hotel di Indonesia.
Nah, untuk menarik pengunjung, banyak hotel yang melakukan perang harga, sehingga persaingan pun makin ketat.
"Salah satu tantangan yang sering kali kita jumpai di dalam dunia perhotelan adalah perang harga. Agar dapat menarik pengunjung, banyak hotel yang rela melakukan potongan harga yang besar," ungkap Reni.
2. Menjaga Tempat Wisata
"Selain persaingan yang ketat, menjaga tempat wisata adalah salah satu tantangan yang harus kita hadapi," ungkap Reni.
Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memilih Jurusan Pariwisata
"Walaupun itu adalah tugas pemerintah setempat dan juga Departemen Wisata, namun kita juga wajib untuk menjaga semua tempat wisata yang ada di sekitar kita. Dengan ini, kita juga dapat menarik turis lokal dan asing untuk berkunjung," jelas Reni.
Nah, itulah gambaran mengenai tugas seorang hotelier, Adjarian.
Tidak hanya berkutat dengan tamu hotel, hotelier juga berperan dalam menjaga tempat wisata bersama-sama dengan pemerintah setempat.
Sebab, salah satu pertimbangan wisatawan datang ke suatu tempat adalah tempat wisata.
Menarik, ya! Siapa yang tertarik menjadi seorang hotelier, nih?
Tonton video ini, yuk!
Penulis | : | Aisha Amira |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR