adjar.id – Adjarian, dalam sebuah tim marketing perusahaan terdapat peran penting dari profesi marketing manager.
Marketing manager adalah pekerjaan di bidang marketing yang memiliki tanggung jawab terhadap kebijakan atau program yang terkait dengan pemasaran produk.
Marketing manager atau manajer pemasaran adalah jabatan yang memiliki peranan penting dalam pencapaian keuntungan suatu perusahaan.
Terlebih perkembangan teknologi membuat fokus kerja dari marketing manager juga mengikuti pemasaran secara online, baik melalui media sosial dan platform online lainnya.
Seorang marketing manager juga dituntut untuk memiliki keterampilan dalam membuat sebuah produk bisa laku di pasaran.
Jadi, secara umum marketing manager bertugas sebagai konseptor dalam memasarkan produk yang nantinya akan diteruskan oleh tim marketing.
O iya, di beberapa perusahaan marketing manager juga memberikan laporan kepada CEO perusahaan terkait dengan strategi pemasaran yang dilakukan.
Segala hal yang berkaitan dengan tim marketing berada di bawah tanggung jawab dari marketing manager ini, lo.
Yuk, kita simak penjelasan lengkapnya mengenai tugas, keahlian, dan pendidikan dari profesi marketing manager berikut ini!
Baca Juga: Perbedaan Profesi Copywriter dan Content Writer, Sudah Tahu?
Tugas Profesi Marketing Manager
Berikut ini beberapa tugas dan tangggung jawab dari seorang marketing manager, antara lain:
1. Marketing manager bertanggung jawab untuk menyusun, menganalisis, mengatur, dan mengevaluasi manajemen pemasaran, penjualan, dan promosi terhadap suatu produk yang dijual.
2. Marketing manager bertanggung jawab melakukan pengendalian dan pengawasan terhadap seluruh kinerja pemasaran, penjualan, dan promosi produk.
3. Marketing manager bertanggung jawab melaksanakan berbagai rencana dan prosedur yang sudah ditentukan.
4. Marketing manager bertanggung jawab untuk membuat laporan kegiatan kepada direktur utama setiap satu bulan sekali mengenai pertanggungjawaban terhadap pemasaran, penjualan, dan promosi produk.
5. Marketing manager bertanggung jawab mengarahnya seluruh karyawan yang tergabung dalam tim marketing untuk bekerja dengan efisien, efektif, dan profesional.
6. Marketing manager bertanggung jawab untuk mengawasi kinerja dari seluruh departemen dalam pemasan, penjualan, dan promosi produk.
7. Marketing manager bertanggung jawab mengarahkan karyawan untuk meningkatkan sumber daya bagi kepentingan penjualan produk perusahaan.
Baca Juga: Perbedaan Profesi Copywriter dan Content Writer, Sudah Tahu?
Keahlian Profesi Marketing Manager
Berikut ini beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh seorang marketing manager, di antaranya:
1. Memiliki keterampilan analisis dan kecermatan yang baik, sehingga bisa menentukan tareget pasar yang tepat.
2. Memiliki keterampilan dalam bisang manajemen, administrasi, dan pengetahuan tentang bisnis dan manajemen.
3. Mengetahui proses dan prinsip untuk menyediakan pelayanan terhadap pelanggan.
4. Memiliki kemampuan di bidang digital marketing, seperti SEO, Google Analytics, dan juga sosial media.
5. Memiliki pengetahuan di bidang pemasaran dan penjualan agar produk yang dijual bisa sesuai dengan pasar.
6. Memiliki pemikiran yang kritis terhadap penjualan produk dan target pasar yang dituju.
7. Memiliki keahlian dalam berbicara di depan umum, karena seorang marketing manager bertugas untuk mengorganisir tim marketing.
Baca Juga: Peranan Seorang Manajer dalam Manajemen Perusahaan
Pendidikan Profesi Marketing Manager
Adjarian, jika tertarik untuk menjadi seorang marketing manager maka bisa memilih jurusan di bidang ilmu bisnis dan manajemen.
Perusahaan sendiri lebih mencari seseorang dengan lulusan bisnis untuk mengisi posisi ini.
Hal ini tidak lepas dari perkuliahan yang lebih mempelajari tentang pemasaran produk, pengelolaan keuangan, dan pembukuan.
Nah, itulah Adjarian, pengenalan kita dengan profesi marketing manager yang bisa menjadi pilihan pekerjaan setelah lulus dari perguruan tinggi.
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Aisha Amira |
KOMENTAR