adjar.id – Di sini ada yang ingin menjadi seorang social media specialist?
Seiring dengan berkembangnya era digital, berbagai jenis profesi pun ditambahkan untuk menunjang perkembangan suatu perusahaan, salah satunya adalah social media specialist.
Belakangan ini, banyak perusahaan yang menggunakan platform media sosial baik untuk promosi maupun membagikan konten.
Nah, adanya pengaruh digitalisasi tersebut, menjadikan perusahaan mampu bersaing dalam dunia digital supaya semakin dikenal oleh masyarakat luas.
Oleh karena itu, seorang social media specialist hadir untuk mengembangkan strategi penggunaan media sosial.
O iya, profesi ini sangat cocok bagi Adjarian yang terarik pada perkembangan bisnis dan media sosial, lo.
Untuk berkecimpung di profesi ini setidaknya harus memiliki kemampuan berpikir cepat, desain, dan manajemen waktu yang baik
Pada artikel kali ini, kita akan mencari tahu lebih banyak tentang social media specialist.
Nah, yuk, langsung saja kita simak bersama!
Baca Juga: Prospek Kerja dan Cara Menjadi Seorang Content Creator di Era Digital
Profesi Social Media Specialist
Profesi social media specialist tampaknya bukan suatu profesi yang asing lagi di era digital seperti saat ini.
Profesi ini berfokus untuk membuat berbagai konten digital yang menarik dan kreatif untuk berbagai jenis platform media sosial sebuah perusahaan.
Pembuatan konten-konten ini bertujuan untuk memperkuat upaya pemasaran atau marketing, mendorong angka penjualan, hingga meningkatkan brand awareness.
Seorang social media specialist harus mampu menyesuaikan konten dengan berbagai perbedaan karakteristik setiap platform media sosial.
Untuk itu, profesi ini setidaknya harus memiliki kemampuan seperti berpikir cepat, desain, dan manajemen waktu yang baik.
Sebagian orang mengira profesi ini hanya sebatas membuat konten sosial media perusahaan saja.
Padahal, sebelum membuat dan mengunggah konten, seorang media sosial specialist harus melakukan riset supaya konten yang diunggah sesuai dengan tren di masyarakat dan tepat sasaran.
Selain harus kreatif dalam membuat konten, ia juga harus memahami tata cara penulisan yang baik, sehingga unggahannya dapat menarik pengguna media sosial.
Baca Juga: Profesi Jurnalis: Peran, Tanggung Jawab, serta Jenjang Karier
Tugas dan Tanggung Jawab Social Media Specialist
Berikut tugas dan tanggung jawab profesi social media specialist.
1. Memperhatikan dan menganalisa tren
2. Memperbaharui informasi
3. Membangun komunikasi
4. Mengembangkan strategi penggunaan media sosial
5. Memperbaharui konten media sosial
6. Membuat rencana dan mengembangkan konten untuk sosial media perusahaan yang konsisten sesuai dengan identitas perusahaan
7. Bertanggung jawab untuk merancang strategi, manajemen komunitas, pengarahan kreatif, dan juga copywriting.
Baca Juga: Profesi Sutradara: Peran, Tanggung Jawab, dan Jenjang Karier
Jenjang Karier Social Media Specialist
Nah, setelah menjadi seorang social media specialist yang cukup andal, selanjutnya kita bisa berposisi sebagai social media manager.
O iya, cakupan profesi ini pun cukup luas.
Tidak menutup kemungkinan seorang social media spcialist masuk ke dalam bidang social media marketing, menjadi content producer, hingga terlibat dalam SEO.
Nah, Adjarian, itulah gambaran tentang profesi social media specialist, Adjarian.
Penulis | : | Jestica Anna |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR