adjar.id – Terdapat aspek-aspek ekonomi mikro yang ada di dalam ilmu ekonomi.
Adjarian, ilmu ekonomi adalah cabang ilmu sosial yang menaruh perhatian pada masalah bagaimana memuaskan kebutuhan manusia yang beraneka ragam.
Dengan kata lain ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang menganalisis ongkos dan manfaat dari alokasi sumber daya yang disebut faktor produksi.
Secara garis besar, analisis-analisis yang ada dalam ilmu ekonomi terbagi menjadi dua bentuk, salah satunya adalah ekonomi mikro.
Nah, kali ini kita akan membahas mengenai beberapa aspek ekonomi mikro dalam sebuah interaksi pelaku ekonomi yang menjadi materi ekonomi kelas 10 SMA.
Kata mikro sendiri berasal dari bahasa Latin “mikros” yang berarti kecil.
Ekonomi mikro adalah penjelasan dari variabel ekonomi yang lebih kecil, seperti investasi, konsumsi, dan tabungan.
Yuk, kita simak penjelasan mengenai ekonomi mikro berikut ini, Adjarian!
“Ekonomi mikro sering juga disebut sebagai teori harga atau price theory yang membahas tentang aliran barang dan jasa.”
Baca Juga: Masalah Ekonomi Mikro dalam Sistem Perekonomian
Aspek-Aspek Ekonomi Mikro
Ekonomi mikro menerangkan beberapa aspek tentang interaksi yang dilakukan oleh para pelaku ekonomi individual dan perilakunya.
Berikut ini aspek-aspek tersebut, di antaranya:
1. Interaksi di Pasar Barang
Aspek pertama yang diterangkan oleh ekonomi mikro ialah mengenai mekanisme interaksi yang terjadi di pasar barang, misalnya pasaran karet atau kopi.
O iya, pasar sendiri adalah tempat bertemunya antara penawaran dan permintaan suatu barang.
Melalui interksi yang dilakukan antara penjual dan pembeli, pasar akan menentukan harga keseimbangan.
Nah, dalam ekonomi mikro tidak menjelaskan operasi keseluruhan pasar karena pada hakikatnya corak interaksi penjual dan pembeli di dalam pasar sama.
“Teori ekonomi mikro hanya menerangkan tentang interaksi di antara penjual dan pembeli di suatu pasar barang.”
Baca Juga: Mengenal Berbagai Masalah Pokok Ekonomi yang Dihadapi Manusia
2. Tingkah Laku Penjual dan Pembeli
Aspek berikutnya dalam ekonomi mikro adalah tentang tingkah laku pembeli dan penjual dalam pasar.
Adjarian, untuk menganalisis perilaku penjual dan pembeli ini, teori ekonomi mikro menggunakan beberapa asumsi atau pemisalan.
Pemisalan pertama adalah para penjual dan pembeli menjalankan kegiatan ekonomi mereka secara rasional.
Pemisalan kedua, para pembeli berusaha memaksimalkan kepuasan dan pemisalan ketiga para penjual berusaha memaksimumkan keuntungan yang didapat.
Berdasarkan pemisalan-pemisalan tersebut, ekonomi mikro bisa menunjukkan:
“Terdapat berbagai asumsi yang digunakan dalam ekonomi mikro untuk menganalisis perilaku yang dilakukan pembeli dan penjual.”
Baca Juga: Masalah dalam Bidang Ekonomi yang Dihadapi Pemerintahan Suatu Negara
3. Interaksi di Pasar Faktor Produksi
Aspek lain yang dianalisis dalam ekonomi mikro adalah interaksi yang dilakukan penjual dan pembeli di pasar faktor produksi.
Misalnya, peran rumah tangga konsumen dalam perekonomian adalah sebagai pemilik faktor-faktor produksi yang berupa tenaga kerja, modal, kewirausahaan, dan tanah.
Mereka menawarkan faktor-faktor produksi tersebut untuk memperoleh pendapatan yang seterusnya akan digunakan untuk membeli barang dan jasa yang dibutuhkan.
Nah, sebaliknya produsen membutuhkan faktor-faktor produksi untuk memproduksi barang dan jasa sehingga mereka akan menjadi pembeli faktor-faktor produksi, Adjarian.
Interkasi antara pembeli dan penjual di berbagai pasar faktor produksi akan menentukan harga suatu faktor produksi dan jumlah faktor produksi yang digunakan.
Adjarian, itulah tadi aspek-aspek ekonomi mikro dalam interaksi pelaku ekonomi yang salah satunya adalah interaksi di pasar barang.
Sekarang jawab pertanyaan berikut ini, yuk!
Pertanyaan |
Apa saja pemisalan ekonomi mikro untuk menganalisis perilaku penjual dan pembeli? |
Petunjuk: Cek halaman 3. |
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Aisha Amira |
KOMENTAR